CiriCara: Cara Untuk Menjadi Jujur

by
October 12th, 2012 at 10:53 am

CiriCara.com – Kejujuran sangat diperlukan di manapun dan kapanpun. Seseorang memiliki nilai diri yang tinggi jika orang tersebut menjunjung tinggi nilai kejujuran.

Buktinya, jika seseorang ketahuan melakukan kebohongan pasti penilaian orang lain terhadap dirinya akan berkurang. Parahnya lagi, jika orang tersebut sudah terkenal mahir berbohong dan tidak pernah berkata jujur, maka seumur hidupnya dia tidak akan mendapat kepercayaan dari orang lain. Jika demikian, maka nilai untuk dirinya tidak ada lagi.

Intinya, kejujuran adalah nilai yang sangat penting dalam hidup. Jika di antara kamu masih ada yang suka berbohong, maka segeralah perbaiki kebiasaan burukmu itu. Tidak susah! Cara untuk merubah diri menjadi orang yang jujur tidak susah kok, asalkan memiliki niat dan tekad yang kuat.

Inilah beberapa cara untuk menjadi orang jujur:

1. Berpikir jujur

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubah pola pikirmu. Jangan pernah pikirkan hal yang berbau ketidakjujuran. Cobalah selalu berpikir untuk melakukan hal yang jujur, dan berkata sesuai fakta yang ada.

2. Sadari akibat ketidakjujuran

Mungkin sifat tidak jujur sudah ada sejak kita masih kecil, seperti memakan kue tapi tidak bilang-bilang. Memang skalanya masih kecil, tapi kebiasaan menutup-nutupi sesuatu akan berujung pada ketidakjujuran pada masalah yang lebih besar lagi. Kamu harus sadar akibat buruk yang mungkin akan muncul jika kamu tidak jujur. Kesadaran itulah yang membuat seseorang berpikir dua kali untuk melakukan ketidakjujuran.

3. Akui kebohongan

Mengakui semua kebohongan yang pernah kita lakukan di masa lalu mungkin memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tetapi, jika tekad untuk merubah kebiasaan berbohong sudah sangat kuat, cobalah untuk mengakui kebohongan ataupun hal-hal yang kamu sembunyikan selama ini. Dengan demikian, hati kamu pasti lebih lega, dan akhirnya kamu akan berpikir bahwa melakukan kejujuran lebih banyak manfaatnya dibandingkan berbohong dan merasa bersalah terus-menerus.

4. Melatih kejujuran

Jika ketiga tahap di awal sudah dapat kamu lakukan, sekarang saatnya memulai lembaran baru dengan kebiasaan yang baru pula. Mulailah berpikir, berlaku dan berkata jujur. Kamu bisa memulainya dengan hal-hal yang sderhana terlebih dulu. Misalnya saja, jangan mengambil barang milik orang lain tanpa izin, meski itu adalah saudara kandung sendiri.

5. Berlatih teknik kejujuran

Mengapa jujur juga perlu teknik? Ya, karena tidak semua hal dapat dikatakan sepenuhnya. Teknik di sini adalah cara bagaimana kamu mengatakan hal yang jujur itu dengan kata-kata yang diperhalus, serta tidak menyebutkan hal-hal yang sifatnya pribadi kepada orang lain. Bayangkan jika kamu berkata jujur tanpa memilah mana yang perlu diungkapkan dan yang tidak, pasti hubungan pertemananmu juga akan terganggu. Memang, kejujuran kadangkala adalah hal yang menyakitkan. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar menemukan perbedaan antara pengungkapan sepenuhnya terhadap suatu hal dan pendapat pribadi yang tidak perlu diketahui semua orang.

Itulah kelima langkah yang dapat kamu lakukan jika kamu ingin berubah menjadi orang yang jujur. Tapi, ingatlah kalau menjadi orang jujur tidak mudah. Kamu harus berhati-hati dengan apa yang kamu lakukan dan katakan, karena seringkali lingkungan di mana kita berada menolak hal-hal yang bersifat jujur itu, sehingga mereka pun akan melihat kita sebagai orang yang aneh jika melakukan kejujuran.

Namun, jujur tetap lebih baik daripada bohong. Jadi teruslah berlaku dan berkata jujur, dengan demikian kepercayaan orang lain akan terus datang kepadamu. (yk)

Wiki How

Comment di sini