Ditemukan Planet Berlian Lebih Besar dari Bumi

by
October 12th, 2012 at 3:42 pm

London (CiriCara.com) – Temuan baru pada dunia astronomi. Kabarnya para astronom dan ilmuwan antariksa menemukan sebuah planet yang 2x lebih besar dari Bumi sedang mengorbit sebuah bintang seperti matahari dalam rasi bintang Cancer.

Planet berbatu ini dinamai “55 Cancri e”. Kabarnya, hasil temuan tim peneliti AS-Franco menyatakan bahwa radius planet ini dua kali lebih besar dari Bumi dengan massa 8x lebih besar. Hal itu memungkinkan planet ini memiliki kepadatan yang sama dengan kepadatan Bumi.

Selain itu, planet baru ini ternyata merupakan jenis planet Berlian. Planet berlian/diamond adalah jenis planet yang mengandung banyak zat karbon.

Hal ini didukung oleh temuan Nikku Madhusudhan, peneliti dari Yale. Dia mengatakan bawha kandungan yang banyak ditemui dalam planet ini adalah grafit, dan diamond. Masing-masing bahan itu adalah sama-sama senyawa kimia yang mengandung alotrop karbon. Jadi, seharusnya planet ini lebih padat jika dibandingkan dengan Bumi, yang sebagian besar isinya terdiri atas air dan batuan granit.

Selain itu, karena struktur planet ini yang sebagian besar terdiri atas karbon, maka suhu permukaan planet tersebut mencapai 3.900 derajat Fahrenheit atau 1.648 derajat Celcius, jauh lebih panas jika dibandingkan dengan suhu permukaan Bumi.

Penelitian yang dilakukan oleh Olivier Mousis dari Institut de Recherche en Astrophysique et Planetologie di Toulouse, Prancis membuktikan bahwa sepertiga dari massa planet tersebut yang artinya setara dengan 3x massa Bumi adalah zat berlian.

Seperti dilansir dari Reuters, planet berlian seperti ini sudah pernah terlihat sebelumnya, tapi ini adalah kali pertama planet berlian yang lebih besar dari Bumi itu terlihat mengorbit sebuah bintang seperti matahari; dan diteliti secara terperinci oleh para ahli.

Menurut David Spergel, seorang astronom dari Universitas Princenton mengatakan bahwa meneliti sebuah struktur dasar pada bintang bukanlah hal yang terlalu sulit jika mengetahui massa dan usianya.

Jadi, apakah planet “55 Cancri e” ini dapat dimasukkan sebagai planet baru dalam tata surya kita? (yk)

Reuters

Comment di sini