CiriCara: Cara Mencegah Kerusakan Pada Enamel Gigi

by
October 15th, 2012 at 2:03 pm

CiriCara.com – Enamel berfungsi untuk mencegah kerusakan pada gigi. Enamel gigi dapat terkikis sehingga kesehatan gigi Anda terancam. Kerusakan enamel dapat menyebabkan gigi menjadi sensitif terhadap perubahan sentuhan dan suhu, dan lebih rentan terhadap gigi berlubang dan busuk.

Terjadinya erosi pada enamel gigi salah satunya dikarenakan asam. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal General Dentistry menemukan bahwa minuman Energy Drink dan Sport Drink mengandung asam sehingga bisa merusak gigi. Jika enamel gigi terkikis, maka gigi Anda akan menjadi sensitif, menguning, ujung gigi nampak transparan, retak, tepi gigi mulai bergerigi, dan karies gigi.

Agar tidak terjadi kerusakan pada enamel gigi, sebaiknya anda perlu mencegahnya dengan cara berikut ini yang dicuplik Sheknows:

1. Sikat gigi dan flossing secara teratur

Untuk mencegah kerusakan enamel gigi, Anda diharuskan untuk menyikat gigi sehari 2 kali dan dilakukan dengan benar. Pakailah pasta gigi yang mengandung fluoride dan flossing atau membersihkan gigi dengan benang dental setiap hari. Dengan begitu, tidak akan ada bakteri yang menumpuk lagi yang dapat merusak enamel gigi.

2. Kunjungi dokter gigi dengan rutin

Sebagian orang mengunjungi dokter gigi bila sudah mengalami kerusakan yang parah saja. Padahal, Anda diharuskan mengunjungi dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Dokter gigi dapat mendeteksi tanda-tanda awal erosi enamel dan menyarankan rencana perawatan untuki menjaga kesehatan enamel gigi. Bila rutin ke dokter gigi, maka dapat melindungi Anda dari gejala dini kanker mulut, penyakit gusi, atau kondisi gigi yang serius lainnya.

3. Minum soda menggunakana sedotan

Minuman bersoda mengandung pemanis yang dapat merusak enamel gigi. Bagi Anda yang gemar mengonsumsinya, alangkah baiknya untuk membatasi mengonsumsi minuman yang satu ini. Bila sesekali ingin meminumnya, maka gunakanlah sedotan. Dengan begitu cairan hanya akan melewati gigi dan langsung masuk ke tenggorokan.

4. Batasi makan asam, gula, dan pati

Agar enamel gigi tidak mengalami kerusakan, Anda perlu membatasi segala jenis makanan yang manis dan asam. Kurangi asupan makanan dan minuman yang memiliki rasa manis dan asam, seperti permen manis, white wine, jus jeruk, dan makanan yang terbuat dari pati karena hanya akan merusak gigi Anda saja.

Bagaimanapun juga kerusakan enamel gigi harus Anda cegah. Bila enamel gigi sudah rusak, maka akan membuat Anda tidak nyaman karena kesehatan gigi terganggu. Untuk itu, terapkanlah cara di atas demi kesehatan gigi dan mulut Anda. (NR)