CiriCara: Cara Seru Habiskan Waktu Bersama Anak di Rumah

by
October 15th, 2012 at 12:47 pm

CiriCara.com – Ketika akhir pekan tiba, Anda sebagai orangtua tentunya akan mengajak anak-anak bermain, seperti mengunjungi objek wisata, mal, dan tempat-tempat seru lainnya. Hal tersebut dimaksudkan agar membuat si anak senang dan menciptakan kedekatan antar anggota keluarga. Namun, akan sangat boros bila hal tersebut Anda lakukan pada setiap akhir pekan.

Sebenarnya ada cara lain untuk menyenangkan hati anak-anak. Anda bisa melakukan hal tersebut di rumah tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Kedekatan antar sesama angggota keluarga akan lebih tercipta dan tentunya akan tetap membuat si anak merasa senang walaupun tidak keluar rumah. Untuk membuat suasana yang menyenangkan saat di rumah, sebaiknya Anda simak cara berikut ini:

1. Nonton film

Akan terasa lebih seru bersama keluarga jika menonton film bersamanya. Anda bisa mengambil beberapa DVD favorit keluarga, lalu ditontonnya bersama-sama sambil memakan camilan yang ada di rumah. Dengan begitu, Anda dan keluarga akan tetap merasakan seperti halnya berekreasi. Perlu diketahui juga bahwa nonton film bersama bisa memancing mood dan pembicaraan di antara anggota keluarga.

2. Bermain “games”

Untuk tetap bisa menyenangkan anak, Anda bisa mengajak anak bermain video games bersama. Pilihlah permainan yang bisa dimainkan bersama dan pilih juga permainan yang menyenangkan. Selain bermain video games, Anda juga bisa merencanakan permainan yang menarik seperti “mencari harta karun.” Buat sebuah pedoman petunjuk untuk menemukan benda yang disembunyikan. Permainan seperti ini membantu meningkatkan keceriaan dan mencerdaskan anak Anda.

3. Memasak

Sesekali Anda perlu mengajak si anak untuk belajar memasak. Buatlah masakan ringan, seperti cookies, pasta, atau makanan lain dari bahan yang praktis. Ajak anak untuk membantu Anda, seperti mengocok telur, membuka kemasan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, si anak akan merasa senang karena telah belajar dan menemukan hal baru.

4. Berkebun

Berkebun di rumah juga akan membuat senang si anak. Untuk itu, ajaklah anak untuk menanam beberapa pohon di taman rumah, menggali, atau menyiangi rumput. Dengan berkebun akan meningkatkan kebersamaan dengan anak sekaligus belajar untuk mencintai lingkungan hidup. Selain itu, berkebun juga bisa melatih kreatifitas anak karena ia bisa memadupadankan warna-warni bunga atau tanaman hiasan.

5. Membuat tenda

Tidak ada salahnya untuk membuat tenda di taman rumah seolah-olah Anda sedang berlibur di tempat lain bersama keluarga. Buatlah tenda di taman agar si anak tetap merasakan rekreasi bersama keluarga. Selain itu, Anda bisa menghibur anak dengan bermain alat musik, seperti gitar lalu bernyanyi bersama.

Itulah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di rumah bersama anak-anak tercinta. Tanpa mengeluarkan banyak biaya, namun si anak akan tetap merasa senang. (NR)

Comment di sini