CiriCara: Ciri-ciri Atasan yang Suka Mengintimidasi Bawahannya

by
October 15th, 2012 at 5:01 pm

CiriCara.com – Intimidasi tak hanya terjadi pada masa remaja saja yang ada di sekolah, bahkan ketika Anda telah berstatus dewasa dan sedang bekerja pada perusahaan, intimidasi masih bisa terjadi. Intimidasi terjadi bukan hanya dalam bentuk kata-kata kasar saja, tetapi juga berupa perilaku agresif dan sabotase atas suatu pekerjaan.

Bila Anda diintimidasi, maka akan mengganggu pekerjaan kantor. Apakah Anda merasa diperlakukan seperti itu di kantor? Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda perlu mengetahui ciri-ciri atasan yang mengintimidasi bawahannya. Dicuplik dari Allwomanstalk, inilah 6 ciri atasan yang suka mengintimidasi bawahannya:

1. Perhatikan wataknya

Salah satu cara termudah untuk mengetahui apakan bos mengintimidasi Anda adalah dengan melihat emosinya. Untuk menunjukkan wibawanya di depan karyawan atau sesama atasan, terkadang ia akan mencari-cari kesalahan tanpa alasan yang jelas kepada karyawan yang dianggapnya lemah.

2. Mencuri konsentrasi Anda

Cara termudah lainnya yang bisa Anda ketahui yaitu melihat pekerjaan yang diberikan kepada Anda dan mengukur penghargaan yang diberikan atas pekerjaan tersebut. Atasan akan meminta Anda untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, tapi belum menyelesaikan tugas tersebut Anda malah diberi tugas baru olehnya. Anda patut berhati-hati bila atasan bertindak seperti ini.

3. Menghina di tempat umum

Salah satu ciri seorang bos mengintimidasi karyawannya adalah mempermalukan Anda di tempat umum. Ia akan mencari-cari kesalahan walaupun Anda tak pernah melakukan kesalahan tersebut. Padahal, menghina Anda di tempat umum malah akan mempermalukan dirinya sendiri.

4. Membuat gangguan

Ia akan meminta Anda untuk melakukan suatu pekerjaan di saat pekerjaan lain masih harus segera diselesaikan. Sebuah cara yang sangat halus untuk melakukan sabotase terhadap seseorang adalah dengan sengaja menghambat pekerjaan orang tersebut sehingga pekerjaan Anda tidak akan selesai tepat waktu.

5. Meninggalkan Anda di acara penting

Ketika diajak pergi dengan atasan  untuk bertemu klien, Anda malah ditinggal dan disuruh untuk kembali ke kantor sendiri. Hal ini adalah tanda yang paling jelas dari atasan yang sangat tidak menyukai Anda. Bila tak sengaja meninggalkan Anda, maka ia pun akan menyesal dan mungkin segera menelepon.

6. Membuat Anda selalu merasa lelah

Melakukan pekerjaan secara rutin tentu saja melelahkan, namun Anda harus memiliki waktu untuk bersantai dan menjernihkan otak sejenak. Mintalah sesekali kepada atasan untuk menghentikan pekerjaan yang terus datang kepada Anda.

Bila Anda benar-benar merasa diintimidasi, maka jangan terburu-buru mengajukan surat permohonan resign. Apalagi Anda masih menyukai pekerjaan tersebut. Untuk menyelesaikan permasalahan ini, salah satu caranya adalah menghadapinya atau menyelesaikannya secara empat mata dengannya. (NR)

Comment di sini