Foto+Video: Felix Baumgartner Terjun Bebas Kalahkan Kecepatan Suara

by
October 15th, 2012 at 9:49 am

Roswell (CiriCara).com – Seorang atlet ekstrem, Felix Baumgartner, melakukan terjun bebas dari ketinggian 38.000 km. Aksi nekatnya ini dilakukan pada hari Minggu (14/10/12) waktu setempat.

Felix Baumgartner dulunya pernah ikut berperan dalam proyek Air Force’s Excelsior dengan melakukan serangkaian terjun bebas dari balon helium pada ketinggian lapisan stratosfer, lapisan kedua dari atmosfer Bumi.

Kini, dia ingin tampilkan lompatan ekstrem berikutnya dengan terjun bebas pada ketinggian 38.000 km (ketinggian pada lapisan stratosfer).

Untuk melakukan aksinya itu, Felix didukung oleh berbagai pihak. Dia sampai harus menggunakan kapsul ruang angkasa untuk membawanya pada titik ketinggian tersebut, dan mengenakan pakaian lengkap layaknya seorang astronot. Kapsul tersebut diangkat dengan balon udara yang berisi jutaan galon gas helium.

Hal yang mencengangkan adalah Felix yang diharapkan dapat terjun dengan kecepatan 1110,45 km/jam, malah berhasil terjun dengan kecepatan 1340,58 km/jam, dan kecepatan tersebut melebihi kecepatan suara, yaitu 1238 km/jam. Rekor yang luar biasa yang berhasil dipecahkan oleh Felix.

Dilansir dari Daily Mail, waktu terjun Felix sempat tertunda karena hembusan angin yang dapat mencelakakannya. Saat itu, badan Meteorologi setempat bekerja keras untuk memantau setiap perubahan cuaca pada saat Felix bersiap untuk terjun dari kapsul yang membawanya.

Setelah terjun dengan begitu cepat, Felix dapat mendarat dengan mulus di wilayah Roswell, sebelah selatan New Mexico. Felix mendarat dengan selamat, dia mengangkat kedua tangannya sebagai tanda kemenangan. Seluruh kru maupun pihak keluarga yang menyaksikan aksi nekat tersebut, bersorak lega sekaligus bangga.

Seusai mendarat dengan selamat, Felix yang ditemui oleh wartawan mengatakan bahwa terkadang untuk mengetahui betapa kecilnya kita, kita perlu berada di tempat yang sangat tinggi. Mungkin hal inilah yang menjadi alasannya melakukan aksi ekstrem tersebut.

Berkut ini beberapa foto-foto dan video aksi nekat Felix saat melakukan terjun bebas tersebut

AFP/Daily Mail

AP/Daily Mail

CNN/Daily Mail

Youtube/Daily Mail

Youtube/Daily Mail

Daily Mail

AP/Daily Mail

AP/Daily Mail

Daily Mail

AP/Daily Mail

AP/Daily Mail

(yk)

Daily Mail

Comment di sini