Visi dan Misi Jokowi-Ahok untuk Jakarta Baru

Jakarta (CiriCara.com)Joko Widodo (Jokowi) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) resmi menjadi pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk periode 2012-2017. Prosesi pelantikan pun sedang berlangsung hari ini, 15 Oktober 2012, dari pukul 10.00 hingga 12.55 di Jl. Kebun Sirih, Jakarta Pusat.

Apa yang membuat pasangan ini mengungguli pasangan lain dalam Pilkada DKI 2012?

Sosok Jokowi yang sederhana dan mau bergaul dengan masyarakat kelas bawah seperti yang pernah dilakukannya ketika menjabat sebagai Walikota Solo menyita perhatian publik. Sementara Ahok, mantan Bupati Bangka Belitung Timur, juga dikenal sebagai pribadi yang revolusioner serta dekat dengan rakyat.

Selain itu, Jokowi dan pasangannya, Ahok juga memiliki sejumlah visi dan misi kuat untuk Jakarta yang lebih baik.

Dilansir KPU pada 4 September 2012, inilah profil serta visi dan misi Jokowi-Ahok sebelum mengikuti Pilkada DKI putaran kedua:

Jokowi:

Nama : Ir. H. Joko Widodo

Tempat, tgl lahir : Surakarta, 21 Juni 1961

Agama : Islam

Pendidikan : Sarjana Kehutanan-Universitas Gadjah Mada

Ahok:

Nama : Ir. Basuki Tjahaja Purnama, MM

Tempat, tgl lahir : Manggar, 29 Juni 1966

Agama : Kristen Protestan

Pendidikan : S-2 Sekolah Tinggi Manajemen, Prasetya Mulya

Visi

Jakarta baru, kota modern yang tertata rapi, menjadi tempat hunian yang layak dan manusiawi, memiliki masyarakat yang berkebudayaan, dan dengan pemerintahan yang berorientasi pada pelayanan publik.

Misi

1. Mewujudkan Jakarta sebagai kota modern yang tertata rapi serta konsisten dengan rencana tata ruang wilayah

2. Menjadikan Jakarta sebagai kota yang bebas dari masalah-masalah menahun seperti macet, banjir, pemukiman kumuh, sampah, dan lain-lain

3. Menjamin ketersediaan hunian dan ruang publik yang layak serta terjangkau bagi warga kota dan ketersediaan pelayanan kesehatan yang gratis sampai rawat inap dan pendidikan yang berkualitas secara gratis selama 12 tahun untuk warga Jakarta.

4. Membangun budaya masyarakat perkotaan yang toleran, tetapi juga sekaligus memiliki kesadaran dalam memelihara kota.

5. Membangun pemerintahan yang bersih dan transparan serta berorientasi pada pelayanan publik.

Apakah visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur baru DKI Jakarta ini akan benar-benar terealisasi? Mari kita lihat hingga lima tahun ke depan.(RN)


comments powered by Disqus