CiriCara: Cara Tepat Menangani Keseleo

by
October 16th, 2012 at 4:10 pm

CiriCara.com – Ketika Anda lupa melakukan pemanasan sebelum berolahraga atau melakukan aktivitas berat biasanya salah satu bagian tubuh Anda akan merasa sakit atau keseleo. Keseleo merupakan cedera berupa peregangan atau robekan pada otot, tendon atau ligamen (jaringan yang menghubungkan tulang dengan tulang lainnya).

Keseleo atau terkilir di pergelangan kaki merupakan salah satu bentuk cedera paling umum dalam kegiatan olahraga. Pergelangan tagan dan siku juga bisa keseleo karena Anda terlalu mengangkat benda berat dengan cara yang tidak benar. Otot yang mengalami keseleo akan terasa sakit, bengkak, memar, dan sulit digerakkan. Bila Anda mengalami keseleo di salah satu bagian tubuh, maka segera atasi dengan cara berikut ini:

1. Beristirahat

Anda harus mengistirahatkan dan melindungi wilayah otot yang cedera. Jika terasa sakit saat menahan beban, maka gunakanlah penopang. Masa 24 – 48 jam pertama setelah mengalami cedera merupakan masa kritis sehingga harus beristirahat dan membatasi aktivitas Anda.

2. Menggunakan es

Kompres bagian cedera dengan menggunakan batu es atau sesuatu yang dingin. Pendinginan dapat mengurangi pembengkakan dan rasa sakit di bagian yang cedera. Cara ini sebaiknya Anda lakukan sesegera mungkin. Tempelkan kain dingin atau es yang di balut pada bagian cedera selama 20 menit. Lakukan cara ini tiga kali sehari selama Anda masih merasakan sakit.

3. Kompresi

Anda bisa menggunakan kain pembalut untuk membungkus anggota tubuh yang keseleo. Balutan harus kuat namun tetap nyaman dan pastikian bahwa balutan tersebut tidak terlalu ketat karena bisa menimbulkan mati rasa, geli, atau bertambah sakit. Kompresi ini dapat mengurangi pembengkakan di sekitar cedera.

4. Meninggikan anggota tubuh yang keseleo

Angkatlah anggota tubuh yang keseleo melebihi ketinggian jantung Anda. Misalnya, jika yang cedera di pergelangan kaki, maka upayakan Anda dalam posisi tidur kemudian pergelangan kaki diangkat atau ditopang. Cara ini juga berguna untuk mengurangi pembengkakan pada bagian yang cedera.

Bila ada salah satu bagian tubuh yang terkilir, maka Anda harus segera tangani dengan cara di atas agar tidak bertambah parah. (NR)

Comment di sini