CiriCara: Cara Menghentikan Kebiasaan Meminum Kopi

by
October 16th, 2012 at 3:18 pm

CiriCara.com – Pernahkan Anda merasakan tidak bersemangat dan kurang berkonsentrasi sebelum meminum secangkir kopi? Kalau iya, berarti Anda tergolong dalam pecandu kopi. Hampir semua orang di seluruh dunia tidak mengetahui seberapa banyak mereka meminum kopi dalam seharinya. Kopi memang baik untuk kesehatan, tetapi juga akan berdampak buruk bila mengonsumsinya berlebihan. 

Menurut artikel yang dimuat Methods of Healing, minuman yang nikmat satu ini mengandung kafein yang dapat meningkatkan kadar dopamin, neurotransmitter yang berperan dalam mengendalikan suasana hati dan emosi. Efek inilah yang membuat sebagian orang bisa lebih berkonsentrasi dan bersemangat setelah meminum kopi.

Bila kebiasaan tersebut terus melekat pada diri Anda, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan. Bagi Anda yang sudah kecanduan dengan minuman hitam satu ini, cobalah simak cara berikut agar bisa mengatasi kebiasaan meminum kopi:

1. Mengurangi secara bertahap

Jikia kafein terlalu banyak dikonsumsi, maka Anda harus menguranginya secara perlahan. Keri Gans, RD, juru bicara American Dietetis Association dan penulis buku The Small Change Diet mengatakan bahwa Anda harus bisa mengurangi kafein dengan cara bertahap. Bila dikurangi secara bertahap akan memberikan waktu adaptasi dalam mengembangkan kebiasaan baru.

2. Mengganti kopi dengan minuman lain

Gans juga menyarankan Anda untuk mengganti kopi dengan minuman alternatif lain yang tidak mengandung kafein atau tingkat kafeinnya rendah, seperti cokelat, susu, atau teh. Setidaknya minuman tersebut bisa menjadi alternatif terbaik selama masa transisi menghentikan kecanduan kopi.

3. Meminum air putih

Untuk mengatasi kecanduan kopi, Anda juga bisa mengonsumsi air putih. Tingkatkan konsumsi air putih sebagai bagian dari detoksifikasi. Kondisi tubuh akan terhidrasi dengan baik dan akan membuat Anda lebih mudah menghentikan meminum kopi. Dengan begitu, konsentrasi dan kesegaran Anda pun bisa dipertahankan tanpa pengaruh kafein.

4. Mengonsumsi makanan sehat

Untuk menghentikan kebiasaan meminum kopi, Anda juga harus mengonsumsi makanan sehat setiap harinya. Perbanyaklah asupan tinggi karbohidrat kaya serat, seperti buah-buahan, sayur-mayur, dan biji-bijian. Makanan tersebut merupakan sumber energi yang bisa mencegah Anda untuk meminum secangkir kopi.

5. Berolahraga

Dengan berolahraga bisa merangsang endorfin yang membuat perasaan Anda menjadi bahagia. Selain itu, aktivitas fisik juga bisa memerangi perasaan lelah atau marah ketika dalam proses menarik diri untuk meminum kopi.

6. Yoga

Olahraga lain yang bisa Anda lakukan yaitu dengan melakukan yoga. Jika secangkir kopi bisa membuat Anda lebih santai, maka cobalah beralih untuki melakukan yoga. Bethany Thayer, RD, direktur program kesehatan di Henry Ford Health, Detroit mengatakan bahwa satu jam yoga atau lima menit duduk tenang bisa membuat Anda lebih rileks.

6. Tidur yang cukup

National Sleep Foundation mengatakan bahwa kebanyakan orang Amerika Serikat tidak mendapatkan tidur yang cukup berkualitas sehingga memancing mereka untuk meminum kopi. Oleh karena itu, cobalah membiasakan diri tidur cukup, selama 7-8 jam sehari untuk mencegah meminum kopi.

Bagaimanapun juga terlalu banyak meminum kopi atau minuman yang kadar kafeinnya tinggi akan berdampak buruk pada kesehatan Anda, seperti sakit kepala, pusing, insomnia, hipertensi, dan gangguan reproduksi pada wanita. Bila terpaksa ingin meminumnya, maka minumlah seminggu satu kali saja. (NR)

Comment di sini