CiriCara: Cara Mengurangi Biaya Katering Pesta Pernikahan

by
October 16th, 2012 at 1:53 pm

CiriCara.com – Setiap pasangan yang ingin mengadakan pesta pernikahan tentunya ingin menyajikan hidangan yang terbaik untuk para tamunya. Namun, makanan yang enak dan lezat tersebut tak sedikit uang yang akan dikeluarkan. Biasanya, biaya katering saja hampir menghabiskan 50 persen anggaran belanja pernikahan.

Menjelang pesta pernikahan tentunya akan ada banyak biaya yang akan dikeluarkan, seperti membeli gaun pengantin, membeli suvenir, mencetak undangan, dan lain sebagainya yang tentunya terkadang membuat Anda dan pasangan pusing memikirkan hal tersebut.

Namun, salah satu cara agar biaya pernikahan tidak membengkak yaitu mengurangi jumlah tamu yang diundang. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemotongan biaya katering tanpa mengorbankan kualitas makanan yang disajikan. Mau tahu bagaimana caranya? Untuk itu Anda simak 5 cara berikut ini:

1. Kurangi jumlah porsi makanan

Anda tak perlu mengurangi satu atau dua jenis makanan yang enak. Namun, Anda bisa mengurangi jumlah porsi makanan itu saja. Meskipun harus menyediakan porsi makanan 2 kali lipat dari tamu undangan, namun Anda harus tetap menghemat anggaran untuk katering.

2. Sajikan kue sebagai hidangan manis

Agar biaya katering sedikit lebih hemat, Anda juga perlu menyajikan berbagai kue manis secara buffet. Bila Anda menyajikan kue, maka porsi makan tamu pun biasanya akan berkurang. Sajikanlah berbagai jenis kue manis, seperti cake, puding, dan lain sebagainya.

3. Sajikan menu makanan untuk anak-anak

Anak-anak biasanya lebih senang disuguhkan makanan ringan favorit. Harganya pun lebih murah untuk 10 persen jumlah tamu anak-anak dari tamu yang hadir. Untuk itu, Anda bisa menyuguhkan makanan ringan untuk anak-anak tersebut dalam satu wadah. Sediakanlah 3-5 jenis makanan ringan untuk anak-anak.

4. Melayani hidangan pembuka dalam buffet

Untuk mengurangi biaya katering pesta pernikahan, Anda bisa menyajikan berbagai jenis makanan dengan menu buffet. Dengan menu buffet akan lebih banyak makanan untuk diatur porsinya.

5. Meminta jasa teman

Memakai jasa koki yang masakannya memilki cita rasa yang enak memang sangat mahal. Namun, ada cara lain yang bisa Anda lakukan agar tetap menyajikan makanan yang enak pula, yaitu dengan meminta bantuan teman. Bila Anda memiliki seorang teman yang berprofesi sebagai koki, maka mintalah bantuannya. Bila tidak ada teman yang jago memasak, maka bertanyalah kepada mereka mungkin saja mereka memiliki kerabat yang jago memasak.

Itula 5 cara yang bisa Anda lakukan agar bisa mengurangi biaya katering. Dengan begitu Anda uang sisa katering masih bisa Anda pergunakan untuk berbagai keperluan lain. (NR)

Comment di sini