Foto Syur Novie Amelia Beredar, DPR Kecam Polri

Jakarta (CiriCara.com) – Pihak Polri dinilai lalai dalam menangani kasus Novie Amelia yang menabrak tujuh orang di Taman Sari, Jakarta Barat. Pasalnya, foto Novie yang hanya mengenakan pakaian dalam beredar di internet.

Anggota Komisi III DPR, Eva Kusuma Sundari menyesalkan beredarnya foto Novie Amelia yang hanya mengenakan bra warna biru dan celana dalam. Menurutnya, foto tidak senonoh tersebut seharusnya tidak tersebar. Apalagi, saat itu Novie sudah berada di kantor polisi.

Eva menilai Polri telah lalai dalam menjalankan tugas, sehingga foto yang diambil saat Novie belum sadarkan diri itu beredar. Bahkan, ia menduga foto tersebut sengaja disebar oleh salah satu oknum polisi.

“Sangat mungkin foto-foto tersebut diambil sendiri oleh para aparat kepolisian mengingat merekalah yang punya akses langsung terhadap tahanan tersebut,” kata Eva di Jakarta, Selasa (16/10/2012).

Eva menilai, seharusnya Novie Amelia mendapatkan perlindungan berlapis, termasuk dijaga kehormatannya. Apalagi saat pemeriksaan, Novie masih dalam keadaan setengah sadar karena efek alkohol dan juga ekstasi yang dikonsumsinya.

Lebih lanjut, Eva menegaskan bahwa pihak Polri harus dengan segera melakukan penyidikan terkait foto Novie Amelia tersebut. Menurutnya, hal ini sudah termasuk dalam kejahatan dunia cyber dan telah melanggar HAM perempuan. “Pelaku dan perilaku pembiaran tersebut harus diproses lembaga etik Polri dan diproses hukum,” tegasnya.

Eva menyarankan agar kasus Novie Amelia ditangani oleh Polwan demi mencegah terjadinya pelecehan. Menurutnya, kasus foto “bugil” Novie Amelia yang beredar ini adalah merupakan bukti dari permasalahan kesetaraan gender di kubu Polri.

Hingga saat ini, Novie Amelia masih belum memberikan keterangan terkait kasusnya. Novie kabarnya masih menjalani pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi kejiwaannya. Saat ini, baru kuasa hukum Novie yang bisa memberikan keterangan terkait kasus Novie.

(YG)


comments powered by Disqus