Pelaku Pemukulan Wartawan Itu Bernama Letkol Robert Simanjuntak

by
October 16th, 2012 at 3:48 pm

Pekanbaru (CiriCara.com) – Pelaku pemukulan terhadap wartawan Riau Pos, Didik Herwanto, diduga bernama Robert Simanjuntak, seorang perwira TNI AU berpangkat Letkol.

JPNN mengabarkan Letkol Robert Simanjuntak merupakan anggota jajaran Lanud Roesmin Nujadin yang dilaporkan oleh Riau Pos terkait pemukulan dan perampasan kamera yang dialami oleh salah satu wartawannya. (lihat: Video Pemukulan TNI AU Terhadapan Wartawan)

Ilham Yasir selaku wakil dari Riau Pos mengatakan kasus penganiayaan tersebut telah dilaporkan ke POM AU.

Dari 5 orang yang diduga dianiaya oleh oknum anggota TNI AU di lokasi jatuhnya pesawat Hawk 200, baru 2 orang yang resmi melaporkan yakni Didik dan Robby dari Riau TV, sedangkan 3 wartawan lainnya belum ada kabarnya.

Yasir yang juga tercatat sebagai salah saru pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Riau mengaku hingga sekarang kamera milik Didik belum dipulangkan oleh anggota TNI AU yang merampasnya.

Proses pelaporan sudah melalui ketentuan hukum yang berlaku setelah Didik dinyatakan telah divisum. Sebelum laporan masuk ke POM, Didik sempat bertemu dengan Robert. Dalam kesempatan itu, Robert mengaku tak tahu kalau Didik adalah seorang wartawan. Namun Didik mengatakan ia telah menunjukkan kartu pers waktu itu.

Saat Didik mengatakan bahwa ia akan melaporkan kasus tersebut, ia mengaku Robert justru menantangnya dengan berucap, “Baguslah kalau kamu mau lapor. Saya senang.”

Didik juga mengaku saat itu beberapa personil Pasukan Khas mengintimidasi Didik dengan berkata, “Awas, kamu saya tandai. Awas ya!” sambil menudingkan telunjuk.

Riau Terkini mengabarkan selain wartawan, ada pula warga yang menjadi korban kebrutalan anggota TNI AU. Beberapa warga dilaporkan dipukuli, bahkank dua mahasiswa Universitas Islam Riau dikabarkan mengalami luka-luka di bagian bibir setelah dihajar dengan bogem mentah oleh personil TNI AU.

(hp)

Comment di sini