Pesawat Jenis Hawk 200 Milik TNI Jatuh di Pekanbaru

by
October 16th, 2012 at 12:00 pm

Kompas/Erik

Pekanbaru (CiriCara.com) – Sebuah pesawat jenis Hawk 200 milik TNI AU jatuh di Pekanbaru, Riau, Selasa (16/10/2012) tadi. Pilot diketahui berhasil keluar melalui kursi pelontar dan dikabarkan selamat dari kecelakaan tersebut.

Pesawat jenis Hawk 200 dengan nomor registrasi TT 0212 ini sejatinya diterbangkan untuk latihan. Namun, sekitar pukul 09.30 WIB pesawat buatan British Aerospace Inggris ini terlihat berputar-putar dan akhirnya jatuh di sekitar perumahan Pandau Permai, Pekanbaru, Riau.

Kadispen TNI AU Marsma Azman Tunus membenarkan kabar kecelakaan pesawat tersebut. “Betul, pesawat Hawk 200 single seater,” katanya, Selasa (16/10/2012) saat dihubungi oleh detikcom.

Kabarnya sang pilot yang berhasil keluar dengan kursi pelontar diketahui selamat. Sementara itu seperti dilansir Okezone.com, Khairul, warga setempat menuturkan bahwa ada beberapa warga yang terluka karena terkena serpihan pesawat yang jatuh tersebut. Namun, belum diketahui jumlah pasti warga yang terluka akibat kecelakaan pesawat ini.

Diduga, pesawat Hawk 200 tersebut merupakan milik Skadron Udara 12 Black Panther yang bermarkas di Lanud Pekanbaru, Riau. Pesawat diterbangkan guna kepentingan latihan militer TNI AU, Pekanbaru.

Hingga berita ini diturunkan, lokasi jatuhnya pesawat sudah diamankan oleh pihak TNI AU dari Lanud Roesmin Nurjadin. Area tersebut sudah dijaga ketat oleh petugas dan tertutup untuk masyarakat. Bahkan, jalan menuju lokasi sudah ditutup oleh personel TNI AU.

Belum diketahui secara pasti penyebab dari jatuhnya pesawat Hawk 200 ini.

(YG)

Comment di sini