Video Anggota TNI Aniaya Wartawan Beredar

by
October 16th, 2012 at 3:10 pm

CiriCara.com – Insiden pesawat milik TNI AU yang jatuh di Pekanbaru, Riau diwarnai aksi kekerasan oknum TNI terhadap wartawan. Pemukulan dilakukan Provost TNI yang mencoba menghalang-halangi wartawan untuk meliput. Kejadian ini sempat terekam kamera dan beredar di Youtube.

Seorang fotografer dari Riau Pos, Didik Herwanto dipukul dan dicekik oleh Provost TNI AU. Kamera yang dibawa oleh Didik pun langsung dirampas. Padahal, saat itu ada sejumlah warga dan anak-anak di sekitar lokasi pemukulan.

Beberapa saat setelah mendengar kabar pesawat jenis Hawk 200 milik TNI AU jatuh dipemukiman warga, sejumlah anggota TNI AU langsung terjun ke lokasi. Mereka langsung meminta wartawan dan warga untuk menjauh dari lokasi jatuhnya pesawat.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Imam Sufaat mengatakan kecelakaan pesawat tempur TNI AU ini sifatnya rahasia. Itulah sebabnya, wartawan ataupun warga dilarang untuk mendekati lokasi kejadian. Menurutnya, prosedur tersebut diterapkan demi faktor keamanan.

“Nanti kalau misalnya bawa bom, nanti situ kena bomnya, sebetulnya ada kerahasiannya juga,” ujar Imam Sufaat, kepada wartawan.

Dugaan sementara, oknum Provost TNI AU yang melakukan penganiayaan tersebut adalah Letkol Robert Simanjuntak. Ia merupakan anggota TNI AU Lanud Roesmin Nurjadin. Belum ada keterangan secara pasti terkait dugaan ini.

Berikut video penganiayaan wartawan yang dilakukan oleh TNI:

(YG)

Comment di sini