Wartawan Korban Aniaya TNI Mengaku Diintimidasi

by
October 16th, 2012 at 4:11 pm

Riau Pos

Pekanbaru (CiriCara.com) – Kasus pemukulan yang dilakukan oknum TNI AU kepada wartawan peliput pesawat jatuh di Pekanbaru, Riau kian memanas. Didik Herwanto, fotografer Riau Pos yang menjadi korban aniaya sudah melapor ke Polisi Militer (POM).

Didik menjadi korban pemukulan oleh oknum TNI AU bernama Letkol Robert S Simanjuntak. Saat mengambil gambar pesawat jenis Hawk 200 milik TNI AU yang jatuh, tiba-tiba saja Didik mendapat tendangan keras dari Robert. Didik pun langsung terkapar.

“Hei, kamu kurang ajar sekali. Sudah tahu ada orang mati, malah difoto!,” ucap Didik yang menirukan suara keras yang dilontarkan Robert saat menendangnya.

Setelah Didik terjatuh, Robert langsung menindihnya dan memukul serta mencekiknya. Tak lama ada oknum TNI AU lain yang langsung merampas kamera milik Didik. Sayang, Didik mengaku tidak mengetahui nama oknum yang merampas kameranya tersebut.

Saat Didik mengancam akan melaporkan kejadian tersebut ke POM, Robert justru menantangnya. “Baguslah kalau kamu mau lapor. Saya senang,” ujar Didik yang menirukan perkataan Robert.

Setelah itu, sejumlah personel Paskhas justru mengintimidasi Didik dengan memberikan ancaman. “Awas, kamu saya tandai. Awas ya!,” ucap personel Paskhas yang ditirukan oleh Didik saat di Polisi Militer.

Selain Didik, ada wartawan lain yang juga melaporkan kasus penganiayaan TNI AU tersebut. Fahri Rubianto kameraman RTV dan Rian F Anggoro dari LKBN Antara juga melapor ke POM. Mereka mengaku mengalami penganiayaan dan perampasan kamera oleh oknum TNI.

Sementara itu, kabar lain menyebutkan ada dua mahasiswa yang mengalami luka karena dipukul oleh oknum TNI AU. Mereka mengalami luka pecah bibir akibat ditinju personel TNI saat mengambil foto pesawat yang jatuh itu.

Setidaknya, personel TNI AU telah merampas empat kamera dari tangan wartawan. Dua kamera foto dan dua lagi kamera televisi. Aksi kekerasan dan perampasan ini sempat terekam kamera dan kini videonya beredar di Youtube.

(YG)

Comment di sini