4 Kesalahan yang Dilakukan Para Pengguna Kartu ATM

by
October 17th, 2012 at 4:53 pm

CiriCara.com – Hampir setiap orang kini memiliki kartu ATM. Dengan mudahnya Anda bisa berbelanja dengan menggunakan kartu ATM bila tidak membawa uang tunai. Namun, jangan heran jika terkadang uang di ATM tiba-tiba habis atau tak tersisa. Penyebabnya adalah kelalaian Anda sendiri karena tidak bijak menggunakannya.

Tentunya Anda tak ingin hal tersebut terjadi kan? Untuk itu, Anda harus berhati-hati bila melakukan kebiasaan seperti di bawah ini karena bisa merampok uang Anda sendiri tanpa sadar. Berikut 4 kesalahan yang dilakukan para pengguna ATM:

1. Tidak mengetahui biaya-biaya ATM

Tak banyak orang yang mengetahui bahwa ada biaya-biaya yang dipungut oleh bank bila Anda menggunakan kartu ATM. Untuk itu, saat mendapatkan kartu ATM atau baru membuka rekening, tanyakan secara detail berapa banyak Anda akan di-charge ketika menggunakan kartu ATM. Entah itu saat menarik tunai, mentransfer, atau membayar berbagai tagihan melalui mesin ATM.

2. Memakai pin yang mudah

Pin ATM merupakan rahasia pribadi Anda. Untuk membuat nomor pin, sebagian orang tak ingin menciptakan nomor pin yang asal-asalan karena akan sulit untuk diingat. Akan tetapi, sebagian orang malah menciptakan nomor pin tersebut berasal dari tanggal ulang tahun Anda, ulang tahun anak, dan tanggal-tanggal lainnya. Padahal, dengan menggunakan nomor pin tersebut mudah diketahui pencuri. Agar menciptakan nomor pin yang mudah diingat, sebaiknya lihatlah huruf-huruf di keypad ponsel. Lalu, pilih sebuah kata yang dirangkai dari sejumlah angka. Dengan begitu, Anda bisa menciptakan nomor pin yang aman.

3. Memperlakukan seperti kartu kredit

Meskipun kartu ATM memudahkan Anda untuk melakukan transaksi, namun jangan memperlakukannya seperti kartu kredit. Jika melakukan transaksi dengan kartu debit, maka uang Anda akan berkurang pada saat itu juga. Perlu diingat bahwa, kartu ATM dan kartu kredit sangat berbeda. Untuk itu, Anda harus lebih berhati-hati jika menarik tunai dengan menggunakan kartu ATM. Mengontrol keuangan akan lebih sulit dilakukan jika Anda menggunakan kartu ATM.

4. Tidak melacak pembayaran yang dilakukan

Sebagian orang malas untuk mencatat pengeluarannya jika telah bertransaksi menggunakan kartu ATM. Padahal, hal tersebut perlu Anda lakukan agar mengetahui untuk apa saja uang dibelanjakan. Menarik uang dengan menggunakan ATM sedikit demi sedikit, tentunya akan menjadi banyak. Setelah itu, Anda baru menyadari bahwa uang di ATM sudah terkuras habis tanpa mengetahui untuk apa saja uang itu digunakan. Untuk itu, mintalah bon pembayaran setiap kali Anda membelanjakan uang menggunakan kartu ATM dan catatlah agar Anda mengetahui pengeluaran tersebut.

Bila Anda sering melakukan transaksi dan menarik uang tunai dengan menggunakan kartu ATM, maka lakukanlah dengan aman dan hati-hati. Saat ini, pelaku kejahatan sudah sangat pintar untuk mencuri uang Anda melalui kartu ATM. Bila tidak berhati-hati, maka Anda bisa menjadi sasarannya. (NR)

Comment di sini