CiriCara: Cara Aman Berada di Depan Monitor

CiriCara.com – Sebagian orang memiliki kebiasaan menghabiskan waktunya untuk duduk berlama-lama di depan monitor, entah untuk bekerja, bermain games, ataupun browsing. Terlalu lama di depan monitor akan berdampak pada kesehatan mata. Mata Anda bisa mengalami penurunan daya penglihatan, bahkan kebutaan.

Dilansir dari situs Bgr, A Healthier Michigan menunjukkan bahwa ketika seseorang fokus pada layar dalam periode yang lama, menyebabkan otot mata tetap berkontraksi. Hasilnya, mata Anda mengalami kelelahan, penglihatan yang kabur, dan kehilangan kemampuan untuk fokus.

Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar mata tak cepat lelah ketika berada di depan monitor. Dicuplik dari Softpedia, inilah 7 cara yang bisa Anda terapkan:

1. Jaga jarak pandang

Berada terlalu dekat dengan monitor akan sangat membahayakan mata Anda. Salah satu cara aman yang bisa Anda lakukan yaitu menjaga jarak pandang ke monitor. Jarak yang disarankan adalah sekitar 20-40 inchi atau 50-100 cm dari mata. Jika Anda kesulitan membaca pada jarak aman tersebut, maka perbesarlah font-nya.

2. Pakailah monitor LCD

Jika monitor di rumah atau di kantor Anda masih menggunakan monitor tabung (crt), maka singkirkanlah dan beralihlah ke LCD. Selain energi yang dibutuhkan lebih besar, monitor tabung juga memberi efek yang lebih buruk dibandingkan dengan LCD. Namun, bagi Anda yang masih menyenangi monitor tabung, alangkah baiknya untuk membeli filter anti radiasi agar kesehatan mata tetap terjaga.

3. Sesuaikan pengaturan monitor

Saat ini beberapa monitor ada yang menyediakan pre-set display mode untuk memudahkan pemakainya mengganti pengaturan layar monitornya. Misalnya, pengaturan seperti “text” atau “internet” akan terasa lebih sejuk di mata saat Anda bila ingin mengetik atau browsing. Sesuaikanlah pengaturan pencahayaan di monitor Anda demi kesehatan mata.

4. Mengistirahatkan mata sejenak

Ketika Anda sudah merasa lelah berada di depan monitor, segeralah untuk mengistirahatkan mata sejenak. Cobalah mengistirahatkan mata sejenak secara berkala, sekitar 5 menit setiap jamnya. Anda bisa memanfaatkan waktu 5 menit tersebut untuk melihat pemandangan, mencuci muka, atau jalan-jalan.

5. Lihatlah keluar jendela

Agar mata tidak terlalu tegang menatap lama-lama monitor, sesekali Anda bisa melihat keluar jendela. Lihatlah situasi di luar atau pohon-pohon dari jendela. Hal tersebut bisa membantu Anda menyesuaikan kembali jarak pandang.

6. Mengedipkan mata

Cara ini paling mudah untuk bisa Anda lakukan. Mengedipkan mata saat berada di depan monitor bisa meringankan dan melemaskan otot-otot di sekitar mata.

7. Pakai kacamata anti radiasi

Selain bisa Anda pakai untuk bekerja di depan monitor, kacamata anti radiasi ini juga bisa melindungi mata dari cahaya lampu mobil, radiasi televisi, dan lain sebagainya. Lapisan yang ada dalam kacamata tersebut secara otomatis bisa mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya berlebih. Walaupun harganya agak sedikit mahal, namun ada baiknya untuk membeli kacamata ini saat memiliki uang lebih.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar mata tetap aman saat berada di depan monitor. Bagaimanapun juga kesehatan mata Anda perlu dijaga karena mata memiliki fungsi yang sangat bermanfaat yaitu untuk melihat. (NR)


comments powered by Disqus