CiriCara: Cara Mudah Meredakan Gejala Flu

by
October 17th, 2012 at 10:14 am

CiriCara.com – Cuaca yang tak menentu saat ini, terkadang panas dan hujan membuat Anda akan mengalami gangguan kesehatan, seperti flu. Gangguan kesehatan itu bisa saja menghampiri Anda bila kekebalan tubuh sedang menurun. Gejala flu tersebut, seperti tenggorokan gatal, badan terasa lesu, sakit kepala, dan hidung mampet.

Berbagai gejala tersebut datang karena sebelumnya Anda tidak cukup beristirahat, tidak makan secara teratur, tidak memilih makanan yang bergizi, dan kurang meminum air putih. Sebenarnya gejala flu bisa saja dicegah bila Anda memperhatikan dan mempedulikan kesehatan tubuh. Bila Anda sudah merasakan gejala flu tersebut, maka segera atasi dengan cara berikut ini yang dicuplik dari Mayo Clinic:

1. Segera beristirahat

Saat Anda sudah merasakan tenggorokan gatal, kepala pusing, dan hidung tersumbat, segeralah berisirahat. Jangan paksakan diri Anda untuk tetap bekerja atau melakukan aktivitas lainnya karena malah akan membuat kondisi badan semakin buruk. Anda bisa meminta izin untuk tidak bekerja pada hari itu. Dengan begitu, Anda bisa tidur atau membaringkan tubuh agar membuat kondisi badan pulih dan rileks.

2. Banyak meminum air putih

Meminum banyak air putih terkadang tidak diterapkan oleh sebagian orang. Padahal, dengan meminum banyak air putih dapat melawan gejala flu, seperti tenggorokan gatal, sakit kepala, dan hidung tersumbat. Jika Anda merasakan mual karena meminum air putih, maka tambahkan sedikit perasan jeruk nipis. Meminum air panas dengan sedikit jeruk nipis bisa melonggarkan hidung yang tersumbat.

3. Lemon dan madu

Irisan lemon dan madu bisa memulihkan tenggorokan Anda yang gatal dan suara yang mulai hilang. Caranya, ambil segelas air panas, lalu masukkan irisan jeruk lemon dan 2 sendok makan madu. Anda bisa meminum campuran bahan tersebut selagi hangat. Selain itu, Anda juga bisa mengisap tablet lozenge untuk meredakan radang tenggorokan yang bisa didapat di apotek.

4. Makan sup ayam

Sup ayam mengandung zat antiradang yang mencegah penyebaran neutrophil ke saluran pernapasan. Neutrophil merupakan sel darah putih yang dapat menimbulkan radang sebagai gejala demam. Dengan memakan sup ayam bisa menghambat produksi ingus dan uap hangatnya melancarkan rongga hidung.

5. Kumur dengan air garam

Dilansir Kompas.com, Dr. Philip T. Hagen, pemimpin redaksi Mayo Clinic Book of Home Remedies mengatakan bahwa larutan garam bisa menarik kelebihan cairan dan jaringan yang meradang di tenggorokan. Berkumur dengan air garam juga bisa mengencerkan lendir yang kental dan bisa menghilangkan iritasi, seperti alergen, bakteri, dan jamur dari tenggorokan.

Bila Anda melakukan salah satu cara di atas, maka flu tidak akan semakin  parah dan Anda bisa beraktivitas kembali dengan kondisi badan yang sehat. Cintai kesehatan tubuh seperti Anda mencintai seseorang yang disayangi. (NR)

Comment di sini