CiriCara: Cara Pintar Memilih Ponsel Untuk Anak

by
October 17th, 2012 at 9:03 am

CiriCara.com – Berkomunikasi dengan anak memang penting dilakukan bagi orangtua. Tak jarang orangtua yang sibuk untuk membelikan gadget, seperti ponsel agar bisa berkomunikasi dengan si anak. Hal tersebut dilakukan orangtua untuk bisa memantau keadaan anak dengan cara meneleponnya atau mengirimkannya pesan.

Terkadang ada anak-anak juga yang merengek minta dibelikan gadget yang canggih. Menghadapi hal tersebut, para orangtua harus pintar-pintar memilih gadget seperti apa yang tepat untuk si anak. Lalu, gadget seperti apa yang tepat untuk anak? Untuk mengetahuinya, sebaiknya Anda simak tips berikut ini yang dicuplik dari Kompas.com:

1. Pilih yang sederhana saja

Membelikan ponsel untuk si anak, Anda harus cari yang sesederhana mungkin. Ponsel yang bisa dipakai untuk telepon, mengirim, dan menerima pesan singkat pun sudah cukup untuk si anak. Bila Anda membelikan ponsel canggih, maka anak bisa kecanduan untuk memakai barang tersebut dan mungkin akan kehilangan masa kanak-kanaknya.

2. Pilih yang tanpa akses internet

Jangan memilih ponsel yang memiliki akses internet personal. Bagaimanapun juga anak-anak dalam usia 4-12 tahun masih perlu didampingi orangtuanya bila ingin mengakses internet. Jika Anda membelikan ponsel dengan dilengkapi akses internet, maka Anda akan sulit mengawasinya.

3. Batasi penggunaan pulsa

Anda tak boleh seenaknya saja membelikan pulsa untuk si anak. Memberikan pulsa untuk si anak harus Anda batasi yaitu tidak lebih dari Rp. 50.000-Rp. 100.000 perbulannya. Perlu diingat juga untuk tidak menggunakan sistem pascabayar untuk si anak karena bisa mmebuatnya boros. Jika si anak dibelikan smartphone, maka jangan pernah memakai layanan yang full service agar akses internet tidak bisa dipakai olehnya.

4. Jangan terpengaruh “gadget” baru

Kemajuan teknologi yang berkembang saat ini memang memudahkan para pemakainya. Namun, gadget untuk si anak janganlah Anda terlalu mengikuti perkembangan teknologi saat ini. Tujuannya adalah agar si anak tidak menjadi kecanduan untuk memainkan gadget tersebut. Jika Anda ingin memberikan gadget yang canggih untuk si anak, maka jangan lupa untuk memutus akses internetnya.

Empat cara tersebut perlu Anda terapkan demi kebaikan si anak. Anda bukan berarti tidak boleh membelikan ponsel atau gadget canggih lainnya untuk si anak. Namun, hal tersebut perlu dilakukan pengawasan yang ketat agar si anak tak sembarangan mengaksesnya atau menjadi kecanduan. (NR)

Comment di sini