CiriCara: 6 Cara Agar Bisa Tidur Nyenyak

by
October 17th, 2012 at 2:22 pm

CiriCara.com – Tak semua orang bisa tertidur pulas pada malam hari. Tidur pulas akan tercipta jika Anda sudah merasakan kantuk karena kelelahan bekerja. Bila sudah merasakan kantuk, maka rasanya Anda segera ingin menarik selimut agar bisa memejamkan mata.

Namun, bagaimana untuk Anda yang sulit sekali memejamkan mata pada malam hari? Banyak orang yang mengatakan bahwa dengan segelas susu hangat bisa membuat Anda cepat merasa kantuk dan akhirnya tertidur pulas. Tak bisa tertidur pulas pada malam hari mungkin saja karena Anda salah mengonsumsi makanan sebelum tidur hingga akhirnya tetap terjaga.

Agar cepat merasa kantuk dan akhirnya tertidur pulas, sebaiknya Anda simak 6 cara berikut ini:

1. Menghitung mundur

Sebagian orang ada yang mengatakan, “Kalau tak bisa tidur, hitung domba saja.” Cara tersebut, belum terbukti kebenarannya. Nah, cara yang satu ini yaitu menghitung mundur dipastikan bisa membuat Anda cepat tertidur. Mulailah menghitung mundur dari ribuan atau ratusan. Seorang peneliti mengatakan bahwa menghitung mundur akan berhasil membuat Anda tertidur pulas karena bisa menenangkan pikiran.

2. Menekuk jari kaki

Tekuklah jari kaki Anda dan tahan hingga hitungan ke tujuh. Cara ini bisa membuat Anda merasa tenang dan akhirnya bisa tidur nyenyak. Anda bisa menempelkan kaki satu sama lain dan tekuk jari-jari hingga hangat. Lakukan cara ini beberapa kali hingga tubuh dan pikiran Anda mulai merasa rileks dan tenang.

3. Bernyanyi

Ketika Anda merasa tidak bisa tidur, bernyanyilah satu atau dua lagu. Pilihlah lagu kesukaan Anda dan nyanyikan dengan suara pelan agar tidak mengganggu orang lain. Seorang peneliti menunjukkan bahwa bernyanyi mampu mengganggu jalannya pesan dan sinyal ke otak. Sinyal ini akan menyebabkan otak sibuk dan membuat Anda terjaga dan merasa lebih tenang.

4. Menulis

Biasanya seseorang tak bisa tidur karena ada sesuatu hal yang dipikirkan. Bila hal ini terjadi pada Anda, maka sediakanlah alat tulis dan kertas di dekat tempat tidur. Ketika Anda tak bisa tidur, curahkanlah isi pikiran Anda di secarik kertas tersebut. Dengan begitu, Anda akan merasa lebih tenang dan bisa tertidur pulas.

5. Mengkhayal

Mengkhayal sebelum tidur juga bisa Anda lakukan agar cepat merasakan kantuk dan akhirnya tertidur pulas. Cobalah sedikit mengkhayal masa depan. Misalnya,  ”Kapan saya bisa kaya raya” atau “Bagaimana caranya agar sebelum berusia 30  tahun harus sudah memiliki uang 1 miliyar” dan khayalan positif lainnya. Dengan memikirkan hal tersebut, tentunya Anda akan merasa lelah dan akhirnya bisa tertidur pulas.

6. Memainkan alat musik tiup

Sebuah penelitian yang dilakukan di Swiss menunjukkan bahwa memainkan alat musik tiup ini mampu menyembuhkan kesulitan tidur seseorang. Alat musik tiup ini bila Anda mainkan dapat menguatkan organ pernapasan bagian atas dan melebarkan saluran napas.

Itulah enam cara yang bisa Anda coba lakukan bila tak bisa tidur pada malam hari. Namun, pastikan juga agar selalu berdoa sebelum memejamkan mata agar terhindar dari mimpi buruk. (NR)