CiriCara: Cara Memperkenalkan Diri yang Benar

by
October 17th, 2012 at 1:22 pm

CiriCara.com – Memperkenalkan diri kepada orang lain itu memang harus Anda lakukan. Dengan memperkenalkan diri, orang lain tentunya akan mengetahui siapa Anda sebenarnya. Seringkali orang berpikir bahwa ketika memperkenalkan diri, orang yang mereka ajak bicara adalah penonton.

Anggapan seperti itu merupakan hal yang salah. Padahal, Andalah yang seharusnya menjadi penonton dan biarkan orang lain bicara lebih banyak. Dicuplik dari Inc.com, inilah cara memperkenalkan diri yang benar kepada orang lain:

1. Harus singkat, padat, dan jelas

Memperkenalkan diri dengan singkat, padat, dan jelas merupakan cara terbaik yang harus Anda lakukan. Jangan terlalu panjang bila Anda akan memperkenalkan diri karena tak semua orang ingin mengetahuinya dengan detail. Namun, cara ini bukan berarti Anda pelit informasi atau menjaga jarak. Tujuan cara ini Anda lakukan yaitu untuk mengurangi kesalahan yang mungkin malah bisa merugikan diri sendiri.

2. Tetap pada konteks

Anda harus tetap menjaga perkenalan dalam konteks yang sesuai. Misalnya, ketika berada di tempat kerja yang baru dan memperkenalkan diri pada rekan kerja lainnya, katakan saja, “Hai, saya Dinda. Saya bekerja di perusahaan ini sebagai reporter.”

3. Bersikap rendah hati

Anda tak perlu menyombongkan diri ketika sedang memperkenalkan diri. Jangan menyebutkan gelar yang Anda miliki jika memang tak dibutuhkan. Bila Anda bekerja sebagai CEO di suatu perusahaan, maka sebutkan saja kalau Anda bekerja di perusahaan. Bila ditanya sebagai apa, maka Anda baru bisa menyebutkannya. Dengan begitu, orang lain tak akan menganggap diri Anda sombong.

4. Fokus kepada orang lain

Saat memperkenalkan diri, Anda harus fokus kepada orang tersebut. Jika orang tersebut tengah memperkenalkan dirinya, maka Anda harus mendengarkannya dengan baik. Bila perlu, tanyakan sesuatu mengenai dirinya. Perlu diketahui juga bahwa hubungan yang baik tidak datang dari hanya sekedar ngobrol, tetapi juga dari mendengarkan.

Selain keempat cara di atas, Anda juga harus memanfaatkan momen sebaik-baiknya. Jadilah diri sendiri dan jangan menyombongkan diri di hadapan orang lain. Alasannya adalah karena Anda tak tahu apa yang terlintas dipikiran orang tersebut saat berkenalan. Selain itu, Anda juga harus memberikan kesan yang baik kepada orang yang baru saja dikenal. (NR)