5 Kesalahan yang Dilakukan Orang Saat Mencuci Wajah

by
October 18th, 2012 at 9:45 am

CiriCara.com – Hampir semua orang mencuci wajahnya agar terlihat bersih dan tidak berjerawat. Saat mandi dan sebelum tidur rutinitas mencuci wajah pun terkadang tak dilupakan seseorang. Setelah wajah dicuci dengan sabun, tentunya Anda merasakan lebih segar dan tak perlu khawatir lagi dengan kotoran yang menempel. Namun, tahukah Anda bahwa terlalu sering mencuci wajah juga tak baik untuk kulit wajah?

Mencuci wajah sebenarnya hal yang mudah untuk dilakukan. Agar kulit wajah tetap sehat, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan dan hindari. Anda juga harus mencuci wajah dengan benar agar kulit tetap sehat. Untuk itu, simak 4 kesalahan yang dilakukan orang saat mencuci wajahnya yang dicuplik dari Sheknows berikut ini:

1. Terlalu sering

Jika Anda terlalu sering mencuci wajah, lebih dari 2 kali dalam sehari, maka ubahlah kebiasaan tersebut. Mencuci muka lebih dari 2 kali dalam sehari dengan sabun pembersih wajah ternyata bisa membahayakan kulit wajah. Alasannya adalah karena minyak alami dari wajah akan terus bertambah jumlahnya. Untuk itu, Anda disarankan mencuci wajah setiap pagi dan malam sebelum tidur saja.

2. Memakai sabun yang wangi

Banyak sabun pembersih wajah yang beraroma buah, bunga, dan aroma-aroma lainnya. Sebagian orang ada yang menyukai aroma sabun seperti itu. Jika Anda salah satunya, maka segera gantilah sabun pembersih wajah tersebut. Sabun pembersih wajah yang beraroma seperti itu mengandung pengharum buatan yang bisa membuat kulit menjadi iritasi. Alangkah baiknya untuk menggunakan sabun pembersih wajah yang beraroma alami saja.

3. Terburu-buru membilasnya

Sabun pembersih wajah banyak macamnya, seperti untuk menghilangkan jerawat, memutihkan kulit wajah, dan lain sebagainya. Jika sabun cuci muka Anda memiliki khasiat untuk melembapkan, menghilangkan minyak, dan jerwawat, maka jangan buru-buru membilasnya. Anda harus membiarkan selama 30-45 detik agar sabun itu menyerap ke kulit wajah.

4. Menggunakan suhu air yang salah

Suhu air saat mencuci wajah dengan sabun pembersih harus Anda perhatikan. Sebagian orang mencuci wajahnya dengan air dingin atau air hangat. Padahal, suhu air tersebut tidak baik untuk kesehatan kulit. Bila air terlalu panas, maka bisa membuat kulit wajah Anda menjadi kering. Sedangkan bila air terlalu dingin, maka pori-pori tidak akan bisa terbuka. Untuk itu, gunakanlah air dengan suhu yang seimbang bila ingin mencuci wajah.

5. Mencuci wajah terlebih dahulu

Terkadang ada orang yang mencuci wajahnya terlebih dahulu, baru setelah itu mencuci rambutnya dengan sampo dan kondisioner. Jangan biasakan hal tersebut karena produk sampo dan kondisioner bisa menempel pada wajah dan mebuat kotor wajah Anda lagi. Sebaiknya Anda cuci rambut terlebih dahulu, setelah itu baru bisa mencuci wajah dengan sabun pembersih.

Itulah 5 kesalahan yang terkadang Anda lakukan tanpa sadar. Setelah mengetahui hal tersebut, ada baiknya untuk mengubah kebiasaan buruk Anda demi kesehatan kulit wajah. Selain itu, pastikan mengeringkan wajah dengan handuk bersih agar kotoran tak menempel lagi di kulit. (NR)

Comment di sini