8 Daerah yang Rawan Penyakit Sapi Gila

by
October 18th, 2012 at 4:42 pm

Kendal (CiriCara.com) – Menjelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban, pedagang sapi, kambing, dan hewan kurban lainnya mulai bermunculan. Tapi, tidak semua hewan kurban yang dijual itu terjamin kesehatannya. Anda harus waspada.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kendal Eko Tri Jatmiko mengungkapkan ada delapan daerah yang rawan antraks atau sapi gila. Masyarakat diminta untuk berhati-hati saat membeli sapi dari delapan daerah itu.

Berikut 8 daerah endemis penyakit antraks atau sapi gila:
- Kabupaten Boyolali
- Sragen
- Karanganyar
- Klaten
- Kabupaten Semarang
- Kabupaten Pati
- Kota Surakarta
- Kota Salatiga

Untuk itu, Eko meminta semua warga yang akan membeli hewan kurban untuk berhati-hati. Sebelum membeli minta penjual untuk menunjukkan surat keterangan kesehatan hewan dari Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kendal.

“Kalau pedagang tidak bisa memperlihatkan surat tersebut, perlu diragukan kesehatan hewannya,” kata Eko, seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (17/10/2012).

Jika tidak ada surat keterangan sehat, pembeli juga bisa melihat dari ciri-ciri hewan kurban yang sehat. Dengan demikian, kemungkinan membeli hewan yang sakit bisa diminimalisir lagi. Pembeli jangan mudah tergiur dengan penawaran harga murah oleh penjual.

Eko juga meminta kepada para pedagang untuk tidak menjual hewan kurban yang sakit dan belum sembuh pada H-4 Lebaran. Sebab, syarat hewan yang dijadikan kurban adalah harus sehat dan sudah cukup umur.

(YG)

Comment di sini