CiriCara: Cara Agar Kentut Tidak Bau

by
October 18th, 2012 at 4:17 pm

CiriCara.com – Buang gas atau kentut merupakan sesuatu yang selalu hadir dalam keseharian kita. Terkadang terdengar, terkadang tidak dan terkadang berbau, terkadang juga tanpa bau. Kentut merupakan jalinan proses pengeluaran gas yang berlebihan dari dalam usus melalui anus. Dan ini lebih sering terjadi saat Anda menjelang buang air besar.

Banyak faktor yang menentukan tingkat keseringan kentut seseorang. Salah satunya adalah pola makan yang biasa dilakukan dan pengaruh dari obat-obatan tertentu, seperti antibiotik. Selain itu, tak semua kentut mengeluarkan bau kurang sedap. Terjadinya bau kurang sedap saat kentut lebih sering diakibatkan karena proses pembusukan oleh metabolisme bakteri dalam usus besar, seperti bau asam akibat mengonsumsi makanan yang tak sesuai kemampuan organ pencernaannya.

Kentut yang berbau itu terkadang mengganggu indera penciuman orang lain. Bau kentut tersebut sebenarnya bisa Anda cegah dengan menerapkan tips berikut ini yang dicuplik dari Livestrong.com:

1. Minum teh herbal

Meminum teh herbal atau teh hijau setelah makan bisa mencegah terbentuknya gas di usus. Breastcancer.org merekomendasikan teh chamomile atau peppermint yang bisa membantu tubuh Anda mencerna makanan dengan benar. Dengan begitu, gas yang Anda buang tak akan berbau.

2. Batasi makanan yang memicu gas

Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang tinggi serat, seperti kacang-kacangan dan umbi-umbian. Hal tersebut bisa memicu gas di perut Anda. Selain itu, batasi juga sayuran, seperti brokoli, kubis, kecambah, dan kembang kol bila Anda sedang mengalami perut kembung. Alkohol dan minuman bersoda pun ternyata bisa membuat Anda lebih sering kentut dan berbau.

3. Perhatikan asupan produk susu

Gas dalam perut Anda bisa saja meningkat bila mengonsumsi produk susu, seperti susu, keju, dan yoghurt. Bila Anda tak toleran terhadap laktosa, maka bisa membuat lebih sering kentut dan mengeluarkan bau yang tak sedap.

4. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga bisa membantu meringankan kentut yang berlebihan dan agar kentut tak berbau. Untuk itu, pilihlah olahraga yang ringan, seperti berjalan, bersepeda, dan yoga agar sistem pencernaan tetap sehat sehingga tak menghasilkan gas yang berlebihan.

5. Ubah kebiasaan makan

Ubah kebiasaan Anda untuk membantu tubuh mencerna makanan dengan benar dan mengurangi udara yang masuk ke perut saat makan. Anda harus mengunyah makanan secara perlahan, mulut tertutup, tidak dengan gigitan yang besar, dan tak berbicara pada saat makan. Selain itu, jangan menggunakan sedotan saat minum dan hindari permen karet untuk mencegah lebih banyak udara masuk ke perut.

Bila kentut berbau, maka Anda akan mempermalukan diri sendiri di hadapan orang banyak. Untuk itu, terapkanlah cara di atas agar kentut Anda tak berbau lagi. Bila terpaksa ingin kentut di hadapan orang, maka carilah tempat yang aman. (NR)

Comment di sini