CiriCara: Cara Melacak Laptop yang Hilang dengan Alamat IP

by
October 18th, 2012 at 2:53 pm

CiriCara.com – Laptop yang hilang tentu akan membuat masalah besar bagi kita. Belum lagi jika file-file di dalamnya sangatlah penting. Computrace LoJack for Laptops menyatakan bahwa ada sekitar 600.000 komputer pribadi atau laptop yang dicuri setiap tahun. Dengan fakta ini tentunya para pemilik laptop harus berhati-hati terutama pada saat menaruh laptop.

Namun jangan terlalu khawatir karena sekarang kita bisa lebih mudah melacak laptop yang hilang dengan menggunakan alamat IP. Berikut cara-caranya:

1. Mengontak Provider Internet

Pertama, kontaklah provider internet. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui siapa saja yang menggunakan layanan internet di laptop Anda. Provider internet akan lebih mudah melacak alamat IP secara spesifik ketika si pencuri mengakses internet.

2. Telitilah software-sofware yang Anda instal

Selidiki apakah program-program seperti Yahoo Messenger atau software e-mail yang ter-log in secara otomatis sedang diakses oleh orang lain. Jika masih log in, maka alamat pasti si pengguna laptop kita bisa dilacak.

3. Gunakanlah software anti pencurian

Sofware ini akan berguna untuk mendapatkan alamat IP terkini dari laptop yang hilang. Setelah terlacak maka simpanlah informasi mengenai IP ini untuk diproses secara hukum.

Lalu bagaimana cara menginstal software anti pencurian di laptop? Pilihlah salah satu program anti-theft protection atau program anti pencurian seperti Computrace LoJack for Laptops. Sofware ini bisa dipakai gratis selama tiga tahun. Setelah mendapat software yang diinginkan, Anda bisa mengunduh dan menginstal software tersebut.

Namun ada beberapa pabrikan laptop menawarkan program anti pencurian secara langsung. Misalnya Dell, brand ternama ini menawarkan pelacakan dan penghapusan data laptop yang dicuri.

Terakhir, teliti fasilitas yang ditawarkan oleh setiap software anti pencurian atau hubungi customer service jika mengalami masalah.

Dengan cara-cara seperti di atas, Anda mungkin akan bisa menemukan kembali laptop yang hilang dan menangkap si pencuri. Selamat mencoba. (RN)

eHow

Comment di sini