CiriCara: Cara Membedakan BlackBerry Asli dan Palsu

by
October 18th, 2012 at 11:14 am

CiriCara.com –  BlackBerry adalah smartphone terpopuler di kalangan penikmat gadget di Indonesia. Maka tidak heran jika Research in Motion (RIM) vendor asal Kanada pencetus smartphone Blackberry banyak menjual berbagai seri BlackBerry di Indonesia.

Peluang ini juga dimanfaatkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab dengan cara menjual BlackBerry palsu yang bentuk, seri bahkan spesifikasinya hampir mirip dengan produk BlackBerry asli.

Nah, jika tidak ingin tertipu saat membeli BlackBerry berikut beberapa tips yang bisa menolong Anda membedakan BlackBerry asli dan palsu.

1. Cek IMEI dan PIN

Apa itu IMEI? IMEI adalah International Mobile Equipment Identity yang berupa sejumlah nomor unik dalam ponsel dan tidak akan sama antara satu item dengan item lainnya. Begitu juga dengan PIN atau Personal Identification Number yang berbeda antar pengguna ponsel. Anda bisa melihat IMEI dan PIN BlackBerry pada menu Homescreen. Pilih menu options kemudian pilih Status bersamaan dengan tombol Shift+ALT+H maka nomor IMEI dan PIN akan muncul.

Pastikan jika nomor IMEI dan PIN ini sama dengan yang tertera pada tempat baterai dan dus.

2. Cek Data Lifetime

Data Lifetime juga penting dipantau dalam membedakan BlackBerry asli dan palsu. Untuk mengetahuinya, Anda bisa membuka Menu lalu Option lalu Status. Ketiklah BUYR dan tunggu sebentar. BlackBerry baru akan menampilkan angka nol namun jika muncul pesan Exceeding 120K dan Voice Usage Exceeding 60 minutes berarti BlackBerry ini sudah pernah digunakan sebelumnya. Jadi berhati-hatilah.

3. Cek Dus BlackBerry

Selain itu anda juga perlu mengecek dus perangkat BlackBerry anda. Perhatikan dus beserta kelengkapannya. Pastikan jika nomor IMEI yang tertera di dalam dus sama dengan yang tertulis di perangkat. Perhatikan juga stiker IMEI. Stiker IMEI untuk produk BlackBerry baru biasanya akan rapi dan mengkilap. Jika ada hal-hal yang mencurigakan pada stiker seperti luntur dan terlihat menumpuk di atas stiker lainnya, Anda patut berpikir dua kali untuk membeli perangkat BlackBerry ini. (RN)

Comment di sini