Ini Dia yang Membuat Otak Segar

by
October 18th, 2012 at 5:20 pm

CiriCara.com – Aktivitas sehari-hari bisa menimbulkan kejenuhan dan membuat daya konsentrasi Anda menurun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa otak secara efektif bisa fokus dan konsentrasi hanya selama kurang lebih 25 menit saja dan setelah itu konsentrasinya akan menurun.

Selain melakukan senam otak agar otak bisa kembali berpikir jenih, Anda juga bisa melakukan kegiatan lain, seperti mendengarkan musik, berolahraga, tertawa, dan lain sebagainya. Dengan melakukan hal tersebut, otak Anda bisa kembali segar dan fokus untuk melakukan berbagai aktivitas. Selain 3 cara tersebut, masih ada kegiatan lagi yang harus Anda lakukan agar membuat otak menjadi segar. Mau tahu apa saja? Sebaiknya, Anda simak tips berikut ini:

1. Mendengarkan musik

Alunan musik bisa sangat bermanfaat untuk sumber daya mental Anda. Untuk menjernihkan kembali pikiran, Anda bisa duduk sambil mendengarkan alunan musik yang indah. Selain untuk menjernihkan kembali pikiran Anda, mendengarkan musik juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan stres, dan tetap fokus.

2. Tertawa

Tertawa merupakan obat terbaik untuk menghilangkan rasa bosan dan jenuh. Dengan tertawa bisa melepaskan endorfin yang bisa meningkatkan suasana hati serta perasaan bahagia. Selain itu, tertawa sebentar saja bisa membuat pikiran Anda menjadi fokus kembali.

3. Pijat

Melakukan pemijatan merupakan cara sempurna untuk meredakan ketegangan dan mengurangi stres. Dengan sedikit memanjakan tubuh Anda, keesokan harinya tubuh dan otak akan kembali segar.

4. Melatih mental

Pada saat Anda sudah merasa lelah bekerja atau belajar, cobalah melatih mental Anda. Melatih mental tersebut dengan cara menyelesaikan suatu pertanyaan yang menyenangkan untuk menguatkan otak Anda. Selain itu, Anda juga bisa bermain games dengan melibatkan kemampuan otak yang Anda miliki.

5. Hiruplah sesuatu yang beraroma enak

Menghirup sesuatu yang berbau enak ternyata bisa menyegarkan pikiran Anda kembali. Bila Anda sudah merasa lelah dan daya konsentrasi menurun, maka hiruplah sesuatu yang berbau enak, seperti wangi kopi, dan makanan serta minuman lainnya yang beraroma sedap.

6. Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat bisa membuat otot serta pikiran Anda menjadi lebih rileks. Saat tiba di rumah, Anda bisa berendam dengan air hangat untuk beberapa menit. Hal tersebut bisa membuat tidur lebih nyenyak dan keesokan harinya pikiran menjadi lebih segar.

7. Tidur pendek

Saat konsentrasi sudah menurun, Anda juga bisa mengatasinya dengan tidur pendek. Dengan tidur pendek selama kurang lebih 30 menit, Anda bisa merasa lebih baik dan bisa menyelesaikan pekerjaan dibandingkan ketika sedang merasa lelah.

8. Berolahraga

Selain membuat tubuh Anda menjadi sehat, olahraga secara rutin juga bisa menyegarkan pikiran Anda. Untuk itu, berolahragalah secara rutin dengan melakukan olahraga ringan, seperti berjalan santai, yoga, bersepeda, atau berenang.

9. Berkhayal

Berkhayal juga bisa menyegarkan pikiran Anda sehingga bisa kembali fokus pada aktivitas selanjutnya. Untuk itu, cobalah berkhayal positif, seperti mengenang masa kanak-kanak, membayangkan masa depan, dan lain sebagainya.

10. Bersosialisasi

Selain menjadi kebutuhan, bersosialisasi juga bisa menjaga agar otak Anda tetap segar. Cobalah melakukan komunikasi, seperti menelepon teman lama. Mengobrolah dengan mereka dengan membuat topik pembicaraan yang menyenangkan.

Itulah beberapa aktivitas yang bisa membuat otak Anda menjadi segar kembali. Dengan begitu, Anda bisa merasakan betapa indahnya hidup ini. (NR)

Comment di sini