10 Selebritis Korban Berita Kematian Hoax di Twitter

by
October 19th, 2012 at 11:29 am

CiriCara.comTwitter adalah salah satu media sosial yang dengan cepat memberitakan kabar apapun yang terjadi pada selebritis atau tokoh-tokoh penting dunia. Maka tak heran berita hoax pun sering beredar di Twitter.

Salah satu isu yang sering menjadi perbincangan di Twitter adalah berita mengenai kematian selebritis dan tokoh-tokoh penting dunia yang ujung-ujungnya hanyalah berita bohong belaka. Sudah ada sekitar sepuluh orang selebritis dan tokoh penting dunia yang dikabarkan meninggal di Twitter. Siapa saja mereka?

1. Gabriel Garcia Marquez

Penulis asal Kolombia berusia 85 tahun ini dikenal sebagai pelopor aliran magical realism’ dalam dunia tulis menulis. Berdasarkan sebuah akun yang mengaku sebagai Umberto Eco, penulis lain asal Italia, dia menulis: “Gabriel Garcia Marquez meninggal. Saya menerima berita ini dari New York.” Berita hoax tentang kematian penulis ini dengan cepat menyebar di Twitter.

2. Kanye West

Rapper asal Amerika yang juga kekasih Kim Kardashian ini juga pernah diberitakan telah meninggal dunia. Kanye dikabarkan telah tewas dalam sebuah kecelakaan pada 2009 lalu. Bahkan Reuters, kantor berita asal Inggris juga menyebutkan bahwa dia telah meninggal dalam kecelakaan itu.

3. Jeff Goldblum

Pada bulan Juni 2009, dunia Twitter dihebohkan dengan meninggalnya aktor Jeff Goldblum. Dia dikabarkan meninggal setelah jatuh dari tebing saat syuting film di Selandia Baru. Bahkan acara berita Australia, TODAY membenarkan berita kematiannya.

4. Britney Spears

Britney Spears juga pernah menjadi korban berita bohong kematian selebritis Hollywood pada tahun 2009 lalu. Saat itu akun Twitpic milik Britney telah dibajak seseorang. Orang itu menaruh gambar salib dengan pesan “Britney telah meninggal. Peristiwa ini sangat menyedihkan. Berita selanjutnya menyusul.”

5. Morgan Freeman

Morgan Freeman, aktor kawakan Hollywood ini juga pernah menjadi korban berita kematian hoax di Twitter. Sebuah akun twitter yang dibuat seolah-olah milik CNN menuliskan bahwa Morgan Freeman telah meninggal di rumahnya di Burbank.

6. Justin Bieber

Penyanyi yang diidolakan oleh remaja perempuan ini juga pernah menjadi korban berita kematian hoax. #RIPJustinBieber pernah menjadi trending topic di Twitter selama beberapa hari. Hingga saat ini belum diketahui siapa yang pertama kali mengedarkan isu mengenai kematian dirinya di Twitter kala itu.

7. Paus Benedict XVI

Isu kematian pemimpin tertinggi umat Katolik ini juga sempat menjadi trending topic di Twitter beberapa tahun silam. Seorang pengguna Twitter yang mengaku sebagai Cardinal Tarcisio Bertone menuliskan bahwa Paus Benedict XVI telah meninggal dunia.

8. Barack Obama

Bahkan Presiden Amerika Serikat pun pernah terkena isu telah meninggal dunia karena luka tembak. Seorang hacker yang meretas akun Barack Obama mengirim berita duka kepada Wakil Presiden, Joe Biden“Semoga @joebiden beruntung menjadi Presiden Amerika Serikat selanjutnya.”

9. Kim Jong Un

Seorang pengguna media sosial mirip seperti Twitter di China, Sina Weibo membuat akun palsu BBC Live News dan menuliskan berita bahwa Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Korea Utara ini telah tewas terbunuh.

10. Bill Cosby

Komedian asal Amerika Serikat ini juga pernah diberitakan meninggal dunia lewat Twitter pada tahun 2010 silam. Namun faktanya, walau sudah berumur 74 tahun, Bill Cosby masih dinyatakan sehat dan dalam keadaan baik-baik saja. (RN)

Time

Comment di sini