CiriCara: Cara Agar Rambut Tak Bercabang

by
October 19th, 2012 at 9:16 am

CiriCara.com – Rambut adalah mahkota wanita. Sebagian wanita akan merawat kesehatan rambutnya demi penampilannya agar terlihat cantik. Apalagi jika rambut yang dimilikinya panjang dan indah, tentunya untuk merawatnya adalah sebuah pengorbanan. Bila rambut panjang tak dirawat dengan benar, maka akan menimbulkan permasalahan rambut, seperti pecah-pecah atau bercabang.

Untuk menghindari permasalahan rambut tersebut, sebagian wanita lebih memilih model rambut pendek. Namun, sebenarnya ini bukanlah masalah yang tidak bisa Anda atasi. Asal tahu penyebabnya, pasti rambut panjang Anda tak akan mengalami kerusakan seperti itu.

Rambut bercabang biasanya muncul seiring pertumbuhan rambut. Minyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak bawah kulit kepala tak sampai ke ujung rambut sehingga rambut menjadi kering dan rapuh dibandingkan pada bagian tengah atau akar rambut. Penyebab lainnya yaitu akibat pewarnaan rambut, sampo yang tak cocok, dan jarang menyisir rambut.

Permasalahan rambut, seperti pecah-pecah atau bercabang bisa saja Anda cegah. Tentunya Anda tak mau kan rambut indahnya mengalami kerusakan? Agar rambut tak bercabang, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Menyisir rambut sebelum keramas

Sebelum Anda mencuci rambut dengan sampo, pastikan untuk menyisir rambut terlebih dahulu dengan menggunakan sisir bergigi jarang. Tujuannya adalah agar rambut tak kusut saat dikeramasi. Mencuci rambut dalam keadaan kusut akan menyebabkan rambut patah dan rusak.

2. Memakai kondisioner

Memakai kondisioner setelah dikeramasi dengan sampo merupakan hal yang harus Anda lakukan. Kondisioner itu sangat penting untuk melembapkan rambut dari luar. Nutrisi dari kondisioner akan menjaga kelembapan dan merawat setiap jaringan batang rambut hingga kembali sehat.

3. Jangan menggosok rambut dengan handuk

Saat rambut bercabang, itu berarti rambut Anda dalam keadaan rapuh dan bila digosok akan terluka. Untuk itu, jangan menggosok-gosokkan rambut dengan handuk. Melainkan, Anda bisa menekan atau memijatnya saja dengan handuk. Gunakan handuk dengan bahan katun alami, lalu bungkus rambut untuk menyerap sisa air setelah keramas.

4. Hindari penggunaan air panas

Anda disarankan untuk tidak terlalu sering mencuci rambut dengan air panas atau hangat. Kutikula rambut akan merenggang setiap kali terkena panas,baik dari cuaca maupun air hangat yang Anda gunakan untuk mandi. Hal tersebut membuat rambut rentan mengalami kerusakan. Untuk itu, pakailah topi saat berada di bawah terik matahari atau swimcap saat Anda berenang.

5. Lakukan pemotongan secara teratur

Lakukan pemotongan secara teratur setiap 4-6 minggu untuk menghilangkan rambut yang bercabang atau pecah-pecah. Memotong ujung rambut merupakan solusi sederhana untuk rambut dengan usia tua.

6. Jangan terlalu sering menggunakan alat-alat “styling”

Hindari penggunaan hair dryer, curling iron, flat iron, dan alat-alat styling rambut lainnya dengan panas tinggi dan terlalu sering. Bila Anda sehari sekali menggunakan salah satu alat tersebut, maka itu sudah terlalu sering. Gunakan alat-alat styling maksimal 2 kali seminggu saja. Setelah memakai alat tersebut, Anda juga harus menggunakan krim agar rambut tak rusak.

7. Jangan mengikatnya saat tidur

Jangan membiasakan mengikat rambut saat Anda tidur. Hal tersebut bisa membuat rambut tertarik dan mudah rapuh. Biarkan rambut yang indah Anda terurai saat tidur karena agar lebih sehat.

Jika rambut indah Anda sudah terlalu banyak yang bercabang, maka Anda perlu meminta bantuan hairstylist untuk trimming rambut. Trimming artinya bagian rambut yang bercabang atau rusak akan dipotong sehingga nutrisi bisa lebih maksimal bekerja di bagian batang rambut yang masih sehat. Namun, alangkah baiknya menerapkan cara di atas agar rambut tak bercabang dan tetap sehat. (NR)

Comment di sini