CiriCara: Cara Agar Tetap Semangat Bekerja Saat di Kantor

by
October 19th, 2012 at 4:40 pm

CiriCara.com – Adakalanya saat Anda beraktivitas dalam bekerja, semangat kerja menurun. Rasa jenuh dan bad mood sering disebut sebagai faktor utama menurunnya semangat dalam bekerja. Namun, jangan salah karena hal ini juga bisa disebabkan karena kebiasaan buruk Anda sendiri, seperti salah mengonsumsi makanan.

Selain itu, rumor mengenai perampingan karyawan, pemotongan gaji untuk asuransi kesehatan dan pensiun, gaji yang tak kunjung naik, dan pekerjaan menumpuk juga bisa menyebabkan semangat bekerja Anda menurun. Namun, berbagai hal tersebut harus Anda atasi agar tetap bisa menunjukkan sikap profesional dalam bekerja. Agar tetap semangat bekerja saat di kantor, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Meminum air putih yang cukup

Terkadang karena terlalu sibuk bekerja, Anda suka lupa meminum air putih. Padahal dehidrasi bisa membuat tubuh Anda semakin lemas dan tak bisa berkonsentrasi. Tidak harus meminum air putih sebanyak 8 gelas dalam sehari, tapi yang terpenting adalah selalu minum air putih saat Anda merasa haus.

2. Hindari makanan berat

Saat sarapan dan makan siang, sebaiknya Anda membiasakan diri untuk memilih makanan yang tidak terlalu berat kalorinya. Jika asupan kalori terlalu berat, maka Anda akan merasakan kantuk saat bekerja di kantor. Anda disarankan juga untuk meminum teh herbal setelah makan agar tak mengantuk dan tetap segar sampai sore hari.

3. Biasakan camilan yang sehat

Biasakan untuk memilih camilan yang sehat, seperti buah apel, yoghurt berkadar lemak rendah, roti bakar dengan selai kacang, dan camilan sehat lainnya. Makanan kecil yang kaya akan mineral ini dapat membuat Anda tetap bersemangat sampai jam pulang tiba.

4. Melakukan olahraga ringan

Duduk terlalu lama di depan monitor tentunya lama-kelamaan akan membuat Anda jenuh. Sesekali gerakkan badan dengan kombinasi berjalan cepat dan lambat. Tinggalkan meja, jalan berkeliling kantor untuk beberapa menit dan kembali lagi bekerja. Dengan begitu Anda bisa kembali segar dan konsentrasi untuk bekerja.

Dengan melakukan keempat cara tersebut, tentunya Anda bisa kembali semangat lagi bekerja dan pikiran menjadi fokus. Bagaimanapun juga, saat Anda sudah merasakan sedikit kelelahan, alangkah baiknya untuk melakukan hal tersebut agar tidak terbebani atau stres saat bekerja. (NR)

Comment di sini