CiriCara: Cara Aman Berbelanja di eBay

by
October 19th, 2012 at 4:00 pm

CiriCara.com – Membeli barang atau berbelanja melalui situs online boleh-boleh saja Anda lakukan. Namun, harus dilakukan dengan cara yang benar dan aman. Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, orang-orang dengan sangat mudah melakukan transaksi hanya dengan melalui media online.

Berbagai barang dijual melalui situs di media online, seperti baju, sepatu, barang elektronik, hingga barang-barang mewah lainnya. Namun, berubahnya cara belanja tersebut juga membuat maraknya kejahatan yang terjadi. Misalnya, saat Anda sudah melakukan pembayaran, tapi barang yang dibeli tak sampai-sampai di rumah. Selain itu, ternyata barang yang Anda pilih ternyata berbeda dengan yang dilihat di web. Kejadian tersebut merupakan hal yang patut Anda waspadai.

Salah satu situs online yang memberikan pelayanan transaksi jual beli yaitu eBay. Situs yang diciptakan oleh Pierre Morad Omidyar ini memudahkan Anda untuk membeli dan menjual berbagai barang dengan skala dunia. Bila Anda ingin berbelanja di eBay, maka simak tips berikut ini yang dicuplik dari Mediaindonesia.com agar melakukan transaksi dengan aman:

1. Periksa umpan balik penjual

Anda harus memeriksa umpan balik penjual sebelum melanjutkan pembelian. Tujuannya adalah untuk membantu segala jenis pembelian dalam jumlah besar dan produk mahal, seperti iPad, perhiasan mahal, dan lain sebagainya.

2. Periksa lokasi penjual

Hal ini paling Anda butuhkan jika membeli produk dari luar negeri. Biasanya pengirimannya selalu lebih mahal dan Anda harus mengikuti pedoman di mana suatu saat bisa saja barang yang sudah dibeli ingin dikembalikan.

3. Teliti keaslian produk

Anda harus berhati-hati dan meneliti setiap gambar untuk memastikan produk dalam kondisi baik dan asli. Anda bisa meminta kepada penjual untuk memberikan foto ulang jika gambar yang ditampilkan atau diposting kurang memuaskan.

4. Ketahui detail barang

Sebagai pembeli, Anda harus tetap terkendali. Sebelum memutuskan untuk membeli barang tersebut, pastikan Anda sudah mengetahui detail dan pendeskripsian barang tersebut. Jika ceroboh saat membeli barang, maka Anda sendiri yang akan rugi.

5. Membandingkan harga di toko

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli, tak ada salahnya untuk membandingkan harga barang tersebut di toko. Terkadang, harga di toko lebih murah dibandingkan harga yang ditetapkan situs eBay.

6. Melakukan pembelian kecil

Jika Anda baru pertama kali membeli barang dari eBay, maka lakukanlah pembelian kecil terlebih dahulu dan membayarnya segera. Hal ini memungkinkan Anda membangun kredit sehingga transaksi yang akan datang akan lebih cepat dan lancar.

7. Beli dalam jumlah besar untuk transaksi besar

Anda bisa membeli paket dari dua produk dalam satu harga dan pengiriman pun akan digabungkan. Caranya yaitu Anda bisa mencari kata-kata, seperti Lot, Huge Lot, Bag of, atau Pile of diikuti item produk yang diinginkan.

8. Cari tanpa ongkos kirim

Pengiriman barang bisa saja menipu Anda dengan pengeluaran yang lebih besar daripada harga barang yang dibeli. Untuk itu Anda harus mencari kriteria yang tanpa ongkos kirim atau biaya pengirimannya gratis.

9. Bersikap sopan

Meskipun Anda tak bertatap muka langsung dengan si penjual, namun harus tetap bersikap sopan. Anda harus bersikap sopan sampai barang yang dibeli telah sampai di tangan.

Perlu diketahui juga bahwa eBay Indonesia menggunakan paypal yang mereka klaim sebagai jalur pembayaran tercepat, termudah, dan teraman. Hampir semua barang yang dijual di eBay tidak Anda temukan di Indonesia. (NR)

Comment di sini