CiriCara: Cara Berdandan yang Benar

CiriCara.com – Merias wajah atau berdandan merupakan kebiasaan yang dilakukan oleh sebagian kaum hawa. Namun, ada juga dari mereka yang tak sadar melakukan kesalahan saat berdandan. Misalnya, diminta menyapukan serum tipis-tipis ke wajah, tapi Anda malah memakainya tebal-tebal karena merasa kurang maksimal. Padahal, melakukan perawatan secara berlebihan belum tentu membuat krim bekerja lebih efektif.

Contoh lain yaitu menyemprotkan parfum setelah Anda memakai baju. Padahal, dengan menyemprotkan parfum bisa meningalkan noda pada baju Anda. Untuk itu, lebih baik Anda menggunakan body mist saja yang bisa dipakaikan untuk tubuh. Kesalahan-kesalahan tersebut sebenarnya tanpa Anda sadari. Namun, perlu Anda minimalisir kesalahan berdandan tersebut agar penampilan Anda semakin cantik dan memukau. Untuk meminimalisir kesalahan berdandan tersebut, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Jangan terburu-buru memakaikan foundation

Anda disarankan untuk tidak memakai foundation saat pelembap belum kering. Kekentalan moisturizer bisa menyebabkan makeup menipis jika pelembap belum meresap ke kulit wajah Anda. Hal tersebut bisa menyebabkan foundation menggumpal dan mengurangi khasiatnya. Alangkah baiknya untuk menunggu sekitar 60 detik sampai pelembap benar-benar terserap ke kulit.

2. Tidak menyemprotkan parfum pada pakaian

Menyemprotkan parfum ke pakaian mungkin akan membuat wanginya lebih tahan lama, namun cara tersebut bisa meninggalkan noda di pakaian. Dilansir Kompas.com, Terry Molnar, direktur eksekutif di Sense of Smell Institute, New York City mengatakan bahwa wewangian itu dirancang untuk diaplikasikan ke kulit, di mana parfum akan berinteraksi dengan panas tubuh. Sebaiknya Anda mengoleskan ringan atau menyemprotkan parfum ke kulit pada satu atau dua titik nadi, seperti pergelangan tangan, bawah leher, atau di belakang telinga.

3. Jangan terlalu banyak memakai concealer

Untuk menyiasati noda hitam atau bintik merah di wajah, Anda tentunya akan menggunakan concealer. Semakin banyak concealer yang dipakai, akan semakin tertutupi juga noda-noda di wajah. Namun, memakainya berlebihan bisa menyebabkan rasa terbakar yang menimbulkan efek pada kulit. Untuk itu, Anda harus mengikuti petunjuk penggunaanya. Bila diminta untuk menyapukan tipis-tipis, maka lakukanlah demi keindahan kulit wajah Anda.

4. Jangan mencabut alis terlalu dekat dengan cermin

Jika Anda terlalu dekat dengan cermin saat mencabuti bulu-bulu di alis, maka jangan heran kalau terlihat lebih tipis atau tak sama bentuknya. Untuk itu, Anda berkaca pada cermin yang agak besar dan diletakkanya dekat jendela. Setelah itu, mundurlah sekitar 30 cm dari cermin untuk mengamati wajah Anda. Alis yang proporsional harus disesuaikan dengan bentuk wajah dan ukuran fitur wajah Anda. Setelah mengamati wajah, Anda baru bisa mendekati cermin dan mulai mencabuti bulu-bulu yang ada di alis. Pastikan juga Anda untuk mundur setiap berapa kali mencabut untuk memastikan bentuk alis sudah simetris.

5. Jangan mengabaikan leher

Leher memiliki kulit yang lebih tipis dan sensitif daripada kulit wajah. Selain itu, leher juga berisiko mengalami perubahan pigmen, elastisitas, dan teksturnya. Itulah sebabnya mengapa leher lebih cepat keriput. Agar leher tak cepat keriput, Anda harus sama memperlakukannya seperti wajah. Setelah mengaplikasikan sunscreen pada wajah, pulas juga leher dan dada Anda. Dengan begitu, bagian leher akan sama indahnya seperti wajah Anda.

Bagaimanapun juga, Anda harus berdandan dengan cara yang benar agar tak menjadi petaka pada diri sendiri. Bila Anda menerapkan cara berdandan yang benar dalam kehidupan sehari-hari, maka wajah pun akan terlihat semakin cantik dan berseri. (NR)


comments powered by Disqus