CiriCara: Cara yang Benar dan Aman Memencet Jerawat

by
October 19th, 2012 at 10:17 am

CiriCara.com – Ketika ada satu jerawat di wajah, terkadang sebagian orang tak bisa menahan godaan untuk memencetnya. Apalagi jika jerawat tersebut menonjol dan ujungnya berwarna putih, tentunya membuat tangan Anda menghampiri jerawat tersebut kemudian memaksa untuk memencetnya.

Memencet jerawat sebenarnya boleh-boleh saja Anda lakukan, namun harus dilakukan dengan cara yang aman. Bila tak dilakukan dengan cara yang aman, maka akan memicu infeksi dan bekas luka yang mengganggu penampilan Anda. Dilansir Kompas.com, dermatologist, Debra Jaliman, MD asal New York, AS mengatakan bahwa Anda boleh-boleh saja memencet jerawat di rumah, namun harus dilakukan dengan cara yang benar dan aman. Lalau bagaimana cara memencet jerawat yang benar dan aman? Ia pun memberikan saran untuk Anda:

1. Menggunakan alkohol

Sebelum memencet jerawat, pastikan untuk membersihkan tangan Anda terlebih dahulu dengan alkohol. Usapkan tangan Anda ke alkohol bila akan berpindah dari jerawat yang satu ke yang lainnya. Memakaikan alkohol ke tangan memang sangat penting Anda lakukan agar tangan Anda steril dan tidak menimbulkan jerawat di bagian wajah lainnya. Selain itu, jerawat yang akan dipencet juga harus diberi sedikit alkohol agar tidak meninggalkan bekas luka di wajah.

2. Menggunakan ekstraktor komedo

Ekstraktor Komedo

Dr. Jaliman menyarankan Anda untuk menggunakan ekstraktor komedo jika ada bintik putih seperti mata di jerawat. Ekstraktor komedo merupakan alat stainless steel yang memiliki lubang yang pas sekitar blackhead atau whitehead yang diekstrak dengan menggunakan tekanan. Alat ini bisa Anda dapatkan di toko obat atau toko kecantikan.

3. Mengoleskan produk antibakteri

Setelah Anda memencet jerawat, pakailah produk antibakteri, seperti neosporin, minyak daun teh, bacitracin, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan asam salisilat atau benzoyl peroxide.

Walaupun memencet jerawat boleh-boleh saja Anda lakukan sendiri, namun jangan dijadikan sebagai kebiasaan rutin. Dr. Jaliman mengatakan, “Akan timbul bekas luka jika Anda memencetnya terlalu dalam dan hiperpigmentasi.” Bila Anda tak memencet jerawat dengan cara yang benar dan aman, maka akan menimbulkan peradangan pada wajah. Selain itu, segera konsultasilah kepada dokter kecantikan jika jerawat bertambah banyak. (NR)

Comment di sini