Indonesia Masuk Daftar Negara dengan Kasus Bullying Tertinggi

by
October 19th, 2012 at 3:58 pm

CiriCara.com – Mengurutkan daftar negara dengan kasus bullying di sekolah tentu akan sangat sulit karena makna dari bullying sendiri berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Namun menurut survei global yang diadakan oleh Latitude News pada 40 negara, terdapat fakta-fakta baru yang mengejutkan. Murid laki-laki ternyata lebih banyak mengalami kasus bullying dibanding murid perempuan. Murid perempuan menurut data lebih banyak menggosip ketimbang melakukan aksi kekerasan dengan fisik.

Lalu negara-negara mana saja yang memiliki kasus bullying tertinggi?

1. Jepang

Jepang ternyata menduduki urutan pertama terkait kasus bullying yang terjadi lingkungan sekolah. Bullying di Jepang lebih ke arah mengucilkan si korban daripada melakukan aksi kekerasan secara fisik. Seisi ruangan kelas bisa saling bekerja sama untuk menyudutkan si korban. Di Jepang, tindakan seperti ini disebut ‘ijime’.

2. Indonesia

Negara kedua dengan kasus bullying tertinggi di lingkungan sekolah adalah Indonesia. Aksi bullying di Indonesia menurut survei cenderung lebih banyak dilakukan di media sosial.

Sebagai negara dengan jumlah populasi terbanyak keempat di dunia, Indonesia memiliki jumlah pengguna Facebook terbesar ketiga di dunia. Selain itu, Indonesia juga ‘menyumbang’ 15 persen tweet setiap hari untuk Twitter.

Karena penggunaan media sosial itu maka anak-anak Indonesia cenderung mengalami cyberbullied atau bullying di dunia maya. Fakta juga menunjukan bahwa 50 persen orang dewasa di Indonesia mengetahui tindakan bullying atau kekerasan yang dilancarkan lewat dunia maya kepada anak usia sekolah.

3. Kanada dan Amerika Serikat

Kedua negara Kanada dan Amerika Serikat masih bergumul dengan berbagai kasus bullying yang marak terjadi disekolah. Baik Kanada maupun Amerika Serikat tidak memberikan toleransi bagi para pelaku bullying yang terjadi di sekolah-sekolah.

4. Finlandia

Kasus bullying di Finlandia juga tergolong tinggi. Untuk mengantisipasinya, pemerintah telah menggalang program anti-bullying bernama KiVa. Program ini sudah dijalankan oleh lebih dari 90 persen sekolah di Finlandia dan terbukti berhasil.

Selain keempat negara di atas, negara lain seperti Lithuania, Latvia, dan Yunani juga tercatat sebagai negara dengan kasus bullying tertinggi. (RN)

Latitude News

Comment di sini