Meteor Melesat di Langit San Francisco

by
October 19th, 2012 at 2:44 pm

San Francisco (CiriCara.com)Rabu (17/10/12) lalu, dikabarkan bahwa ada sebuah meteor jatuh ke Bumi. Peristiwa meteor jatuh ini dapat disaksikan oleh penduduk yang berada di sekitar teluk San Francisco, AS.

Salah satu orang yang menyaksikan dan mengambil gambar meteor jatuh tersebut adalah Wes Jones, seorang astronom dari Belmont, California.

Wes Jones memberikan keterangan bahwa dirinya melihat sebuah bola api yang bercahaya merah dan jingga melesat cepat di langit San Francisco.

Earth and Sky

Selain Jones, beberapa penduduk sekitar yang dimintai keterangan menjawab bahwa memang benar, pada malam hari waktu setempat, terdengar suara gemuruh dari luar rumah. Mereka mengira akan ada gempa Bumi yang melanda wilayah tersebut.

Jonathan Braidman, seorang astronom dari Oakland Chabot Space and Science Center menanggapi keterangan tersebut dengan mengatakan bahwa jika benar apa yang dilihat oleh penduduk sekitar teluk San Francisco adalah meteor, pasti bongkahan meteor tersebut dapat ditemukan oleh para pendaki di perbukitan sebelah utara Martinez, California.

Sedangkan, dilansir dari Earthsky.org, kemungkinan besar meteor yang terlihat melesat di langit San Francisco itu, hanyalah sebuah sampah antariksa yang masuk ke dalam atmosfer Bumi lalu terbakar sehingga menimbulkan kilatan cahaya, namun kemudian lenyap di udara.

Peristiwa jatuhnya meteor seperti ini juga pernah terlihat di langit Nevada dan California pada April 2012. Namun, bongkahan sisa meteor yang terbakar atmosfer Bumi itu, belum ditemukan.

(yk)

Earth Sky

Comment di sini