Penyakit Aneh Membuat Kulit Kepala Seperti Otak

by
October 19th, 2012 at 8:47 am

New England Journal of Medicine

CiriCara.com – Penyakit langka dialami oleh pria 21 tahun berkewarganegaraan Brazil. Pria yang tidak disebutkan namanya ini memiliki bentuk kulit kepala yang aneh.

Kulit kepalanya menebal dan mengeras pada beberapa bagian sehingga membentuk beberapa tonjolan. Jika dilihat secara keseluruhan, tonjolan tersebut seperti cetakan dari lekukan pada otak. Penyakit yang unik, kepala pria ini terlihat seperti sengaja ditato gambar otak.

New England Journal of Medicine melaporkan bahwa 2 tahun yang lalu, kepala pria ini masih seperti kepala orang normal pada umumnya.

Tidak diketahui pasti, apa yang menyebabkan kulit di beberapa bagian kepalanya menebal dan mengeras, tapi 2 dokter asal Brazil yang mempelajari tentang kasus ini menyebutkan bahwa penyakit langka ini adalah “Cutis Vertics Gyrata”.

Meski penyakit ini sangat langka tapi tidak menimbulkan kelainan pada diri pria ini. Dia tidak mengalami gangguan apapun pada otaknya. Sedangkan, prestasinya yang kurang baik di sekolah, tidak ada kaitannya dengan penebalan kulit kepala tersebut.

Salah seorang dokter kulit di rumah sakit Universitario de Santa Maria, Dr. Karen Schons mengatakan bahwa Cutis Vertics Gyrata tidak berbahaya, dan umumnya dialami oleh pria selepas masa pubertas.

Sebenarnya, operasi dapat mengatasi masalah ini, namun tetap berisiko. Selain itu, pria ini diharuskan mengikuti serangkaian pengobatan rutin pasca operasi.

Akan tetapi, tampaknya pria ini malah senang dengan bentuk unik kulit kepalanya itu. Jadi, tanpa operasi pun tidak akan menjadi masalah karena pada dasarnya penyakit ini tidak menyebabkan rasa sakit atau semacamnya.

(yk)

Daily Mail

Comment di sini