5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak

by
October 22nd, 2012 at 11:09 am

CiriCara.com – Memiliki otak yang pintar dan ide cemerlang tentunya keinginan dan harapan semua orang. Memiliki ide yang cemerlang juga bisa memudahkan Anda untuk mengerjakan dan menyelesaikan segala sesuatu.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kecerdasan otak. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi untuk kebutuhan otak. Agar kemampuan berpikir Anda meningkat, sebaiknya konsumsi 5 makanan berikut ini:

1. Makanan hijau

Makanan hijau, seperti brokoli dan bayam memiliki kandungan vitamin C, antioksidan, dan betakaroten yang bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan otak. Selain itu, asam folat yang terdapat pada makanan hijau tersebut bisa membantu mempercepat proses daya ingat Anda. Hasil penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinic Nutrition juga menunjukkan bahwa asam folat yang ada pada makanan hijau tersebut membantu mencegah penurunan daya pikir pada usia tua.

2. Kuning telur

Telur tidak hanya menjadi sumber protein saja, namun kandungan kolinnya juga sangat bagus untuk menguatkan memori otak. Sumber nutrisi yang penuh vitamin dan mineral yang terdapat pada kuning telur juga penting untuk fungsi otak. Jenis makanan yang satu ini kaya dengan zat besi yang berguna untuk membantu pikiran Anda tetap tajam dan fokus. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, sebaiknya Anda mengonsumsi 2 telur dengan intensitas 3-4 kali seminggu.

3. Minyak ikan

Peneliti dari University of Kuopio di Finlandia mengatakan bahwa mengonsumsi minyak ikan tiga kali dalam sepekan dapat mengurangi masalah otak sampai 26 persen dan mencegah hilang ingatan. Kandungan omega-3 asam lemak dalam minyak ikan kaya akan nutrisi yang membantu proses tumbuh kembang otak (kecerdasan) dan perkembangan indera penglihatan. Selain terdapat dalam minyak ikan, kandungan tersebut juga bisa Anda temukan dalam makanan, seperti ikan salmon, makarel, sarden, udang, dan kerang.

4. Cokelat

Mengonsumsi cokelat dalam bentuk yang paling murni, bebas dari gula, susu, dan bahan olahan lainnya sangat baik untuk perkembangan otak. Seorang peneliti menunjukkan bahwa flavonoid memicu pembentukan sel saraf baru pada otak yang menambah kemampuan menyimpan ingatan. Selain itu, studi lain juga menemukan bahwa flavonoid bisa meningkatkan aliran darah ke otak.

5. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan sumber asam lemak omega-3 yang membantu menjaga pembuluh darah otak tetap sehat dan mendorong sel-sel saraf agar berfungsi maksimal. Bila Anda ingin kecerdasan otak meningkat, maka konsumsilah kacang-kacangan, seperti kacang panjang, dan kacang merah. Jenis makanan tersebut bisa Anda olah menjadi makanan yang sangat lezat.

Itulah 5 jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selain untuk otak, makanan tersebut juga bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. (NR)