CiriCara: Cara Membuat Paspor Secara Online

by
October 22nd, 2012 at 3:35 pm

CiriCara.com – Paspor merupakan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang dari suatu negara yang memuat identitas pemegangnya dan berlaku untuk melakukan perjalanan antar negara. Selama ini, pemohon selalu membawa segala persyaratan untuk membuat paspor, seperti fotokopi KTP dan dokumen aslinya, Kartu Keluarga, akte kelahiran, surat nikah jika sudah menikah, dan berbagai dokumen penting lainnya.

Namun, sekarang sudah ada cara yang lebih mudah, cepat, dan praktis, yaitu melalui sistem online. Melalui sistem online ini Anda tak perlu lagi mengantri selama berjam-jam atau satu hari penuh. Bagi Anda yang ingin membuat paspor secara online, simak langkah-langkahnya berikut ini:

1. Buka alamat website Ditjen Imigrasi

Langkah pertama Anda perlu membuka alamat website Ditjen Imigrasi di http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/InetMenu.jsp. Bila Anda kurang memahami, maka bacalah petunjuknya.

2. Siapkan dokumen identitas

Walaupun membuat paspor secara online, namun Anda juga harus menyiapkan berbagai dokumen identitas, seperti akte kelahiran, KTP, Kartu Keluarga, Ijazah terakhir, dan surat nikah bagi yang sudah menikah.

3. Scan semua perlengkapan

Setelah Anda melengkapi berbagai dokumen tersebut, selanjutnya scan agar bisa Anda unggah secara online.

4. Isi form yang ada di website

Tata cara pengisian aplikasi atau form pengajuan pembuatan paspor secara online bisa Anda klik di sini http://ipass.imigrasi.go.id:8080/xpasinet/faces/general/faq.pdf. Bila Anda sudah mengisi dan mengunggah berbagai data yang diminta, maka klik simpan. Setelah itu Anda akan mendapatkan bukti pendaftaran yang terdapat nama dan nomor pendaftaran. Perlu diingat juga bahwa Anda harus mencetak bukti pendaftaran online tersebut.

Data yang harus Anda isi

5. Mendatangi kantor imigrasi

Setelah itu datang ke kantor imigrasi tempat Anda tinggal, berikan bukti print pendaftaran online tersebut. Lima belas menit kemudian Anda akan dipanggil dan diberi bukti untuk tahap foto paspor. Untuk foto biasanya Anda akan menunggu sekitar 2 minggu.

6. Melakukan pembayaran

Setelah diminta untuk datang kembali, selanjutnya Anda akan diminta membayar sejumlah uang untuk membayar paspor. Untuk biaya pembuatan paspor 24 halaman, jumlah uang yang Anda keluarkan sebesar Rp. 270.000.

7. Menunggu giliran untuk foto dan sidik jari

Di sini Anda akan cukup lama menunggu karena antrian untuk foto dan sidik jari lebih banyak. Sekitar setengah hari untuk menunggu dipanggil foto dan sidik jari.

Setelah difoto dan diambil sidik jarinya, Anda akan menunggu lagi sekitar 10 menit. Lalu jadilah paspor Anda dan siap melakukan perjalanan ke luar negeri. Cukup mudah dilakukan, bukan? Membuat paspor secara online ini lebih baik Anda gunakan daripada harus membayar calo. (NR)