CiriCara: Cara Mencegah Kelebihan Berat Badan Saat Hamil

by
October 22nd, 2012 at 4:36 pm

CiriCara.com – Kenaikan berat badan pada saat hamil memang tidak bisa dihindari. Kenaikan berat badan tersebut dikarenakan sang ibu tak bisa mengontrol makanannya dengan baik. Dilansir Tabloidnova.com, dr. UF Bagazi, SpOG mengatakan bahwa kenaikan berat badan saat hamil tentunya akan mengganggu aktivitas Anda sendiri.

Memiliki berat badan yang berlebihan pada saat hamil tentunya akan membuat Anda kesulitan untuk menurunkannya kembali setelah hamil. Selain itu, berat badan berlebih juga meningkatkan peluang melahirkan melalui operasi caesar. Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan agar berat badan tak berlebih pada saat hamil. Mau tahu caranya? Sebaiknya Anda simak cara berikut ini:

1. Menghitung indeks masa tubuh

Mengetahui nilai BMI (Body Mass Index) sebelum hamil sangat penting dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah penambahan berat badan yang sehat selama hamil. Hal ini bisa menjadi salah satu cara memonitor berat badan apakah masih normal atau sudah berlebihan berat badannya.

2. Mengonsumsi makanan yang seimbang saat hamil

Saat hamil terkadang Anda memiliki hasrat untuk mengonsumsi berbagai jenis makanan dalam jumlah besar. Namun, usahakan mengonsumsi makanan tersebut dengan seimbang. Anda disarankan untuk memperhatikan asupan kalori dengan mengonsumsi 2000 Kkal per hari. Anda harus 3 kali makan besar dan 3-4 kali memakan camilan per hari. Selain itu, Anda juga disarankan untuk memakan gandum utuh serta protein sebagai nutrisi penting untuk mendukung kehamilan.

3. Mengonsumsi makanan sehat

Pada saat hamil, Anda perlu mengasup makanan bervariasi yang segar, seperti berbagai jenis sayuran. Mengonsumsi berbagai jenis sayuran akan ada banyak manfaatnya untuk Anda dan si calon bayi. Konsumsilah berbagai makanan sehat, seperti telur, ikan salmon, kacang-kacangan, dan sayuran yang berwarna hijau lainnya.

4. Berjalan kaki pada saat hamil

Agar berat badan tak berlebih pada saat hamil, Anda perlu berjalan kaki selama 25 menit, tiga sampai empat kali dalam seminggu. Cara ini bisa Anda lakukan secara bertahap dengan penambahan durasi hingga 40 menit. Lakukan latihan ringan ini pada pagi hari saja agar Anda juga bisa menghirup segarnya udara di pagi hari.

5. Mendiskusikan berat badan dengan dokter

Usahakan untuk selalu mendiskusikan mengenai berat badan Anda setiap melakukan konsultasi kepada dokter kandungan. Hal nini penting Anda lakukan karena bisa menentukan proses persalinan yang akan dilakukan nantinya.

Bagaimanapun juga berat badan berlebih saat hamil tak baik untuk Anda. Untuk itu terapkanlah cara diatas agar Anda bisa melahirkan secara normal dan berat badan bisa cepat kembali langsing. (NR)

Comment di sini