CiriCara: Cara Menggoreng Kerupuk Agar Tidak Bantat

by
October 22nd, 2012 at 12:21 pm

CiriCara.com – Kerupuk merupakan makanan ringan yang dibuat dari adonan tepung tapioka dan dicampur dengan bahan perasa, seperti udang atau ikan. Makanan yang bertekstur garing ini sering dijadikan pelengkap untuk berbagai makanan Indonesia, seperti nasi goreng, gado-gado, ketoprak, dan makanan lainnya.

Namun, ada juga kerupuk yang dijual dalam keadaan masih mentah. Kerupuk yang masih mentah ini biasanya harus digoreng sendiri di rumah, seperti kerupuk udang, rengginang, dan kerupuk lainnya. Untuk menghasilkan kerupuk yang renyah atau tidak bantat, Anda perlu mengetahui trik tertentu. Agar hasil kerupuk tak bantat atau reyah setelah digoreng, sebaiknya Anda simak tips berikut ini:

1. Kenali jenis kerupuk

Dilansir Female.Kompas.com, Chef Ragil mengatakan bahwa Anda harus mengenali dahulu jenis kerupuk apa yang akan digoreng. Biasanya, jenis kerupuk yang harus digoreng sendiri terbuat dari bahan-bahan tradisional, seperti kerak nasi, ketan, dan lain sebagainya.

2. Dijemur terlebih dahulu

Sebelum Anda menggoreng kerupuk, sebaiknya dijemur terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar tidak ada sisa-sisa air atau bahan pembuat lainnya yang masih menempel di kerupuk. Untuk itu, jemurlah terlebih dahulu kerupuk di bawah sinar matahari hingga kering. Dengan begitu, kerupuk yang dihasilkan nantinya lebih mekar dan terasa renyah.

3. Teknik menggoreng yang benar

Teknik menggoreng merupakan kunci utama untuk membuat kerupuk menjadi lebih renyah. Untuk kerupuk yang tipis dan berukuran besar (kerupuk udang atau legendar), Anda bisa menggorengnya satu per satu ke dalam minyak dengan panas sedang, sambil ditekan-tekan agar tidak melengkung. Untuk kerupuk kecil (kerupuk bawang atau kerupuk keju), bisa Anda goreng sekaligus asalkan semua kerupuk tenggelam ke dalam minyak.

Sedangkan untuk kerupuk tebal (kerupuk ikan Palembang), sebaiknya Anda goreng dalam dua tahap. Pertama, goreng di dalam minyak di atas api kecil hingga setengah mekar, aduk sebentar, angkat, dan tiriskan. Setelah itu, lanjutkan dengan menggoreng kerupuk dalam minyak banyak yang panas sambil diaduk-aduk hingga mekarnya sempurna.

Untuk mengurangi sisa-sisa minyak yang menempel di kerupuk, Anda bisa meniriskan kerupuk dengan bantuan tisu makan atau kertas. Sekiranya sudah tak ada minyak lagi yang menempel, Anda bisa menyimpannya ke dalam wadah agar kerupuk tetap renyah saat dimakan. (NR)

Comment di sini