Foto: Puncak Hujan Meteor Orionid 2012

by
October 22nd, 2012 at 10:29 am

CiriCara.comPuncak hujan meteor Orionid terjadi pada akhir minggu lalu, yaitu Sabtu (20/10/12) dan Minggu (21/10/12).

Hujan meteor ini dapat terlihat dari Bumi karena selama bulan Oktober hingga November nanti, Bumi sedang masuk dalam area serpihan Komet Halley, komet yang terkenal muncul setiap 76 tahun sekali.

Komet Halley yang selalu mengelilingi matahari dengan arah berlawanan dengan Bumi ini, mengakibatkan meteor-meteor pada rasi Orionid memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan yang relatif cepat. Pasalnya, pada puncak hujan meteor Orionid, ada sekitar 20 meteor yang jatuh ke Bumi setiap jamnya.

“Sejak tahun 2006, hujan meteor Orionid ini menjadi hujan meteor yang terbaik menghiasi langit malam di Bumi. Hal tersebut dikarenakan ada sekitar 60 meteor yang masuk ke Bumi setiap jamnya”, ungkap Bill Cooke, Kepala Meteoroid Environment untuk NASA.

Untuk memperjelas keindahan langit malam akhir pekan kemarin, lihatlah foto-foto hujan meteor yang diambil oleh beberapa pengamat langit yang berada di beberapa wilayah Amerika Serikat berikut ini:

Mike Lewinski/Flickr

Foto meteor ini diambil oleh Mike Lewinski pada 20/10/12 kemarin.

North Georgia College/Business Insider

Ini adalah salah satu meteor Orionid yang terlihat dari North Georgia College pada 21/10/12.

Statigr.am/Gunner Hoffman/Business Insider

Gunner Hoffman berhasil mengambil foto salah satu meteor setelah 2 jam menunggu di bawah langit malam yang dingin.

Derrick Robinson/Flickr/Business Insider

Inilah foto salah satu meteor yang berhasil diabadikan oleh Derrick Robinson dari Frosty Drew Observatory di Charlestown, Rhode Island, AS.

NASA/MSFC/MEO/Business Insider

Foto hujan meteor yang diambil oleh NASA dari Huntsville, Alabama.

Itulah beberapa meteor yang berhasil tertangkap kamera para pengamat langit pada puncak hujan meteor akhir minggu lalu. (yk)

Business Insider

Comment di sini