LSN: Jokowi Masuk Bursa Capres 2014

by
October 22nd, 2012 at 4:07 pm

Berita Jakarta

Jakarta (CiriCara.com) – Meskipun Pemilihan Presiden 2014 masih dua tahun lagi namun berbagai lembaga survei independen telah gencar melakukan survei atas kandidat Presiden yang mungkin maju dalam Pilpres 2014 nanti.

Lembaga Survei Nasional (LSN) melakukan survei tentang sosok pilihan rakyat dalam Pemilihan Presiden 2014 mendatang. Dan hasilnya, Gubernur DKI Jakarta, Jokowi atau Joko Widodo muncul sebagai sosok yang populer di masyarakat untuk menjadi kandidat Calon Presiden dalam Pemilihan Presiden 2014.

“Saat ini memang Jokowi masih ada di urutan delapan dengan elektabilitas 4,7 persen, tapi rasanya beliau sudah cukup layak, masyarakat menilai Jokowi sebagai sosok yang relatif bersih dan tegas,” ujar Direktur Eksekutif LSN, Umar S Bakry dalam rilis survey LSN di Hotel Century, Jakarta, Senin, 22 Oktober 2012 seperti dikutip Tribunnews.com.

Umar juga menambahkan jika Jokowi layak dipertimbangkan dalam Pilpres 2014 nanti karena Jokowi telah mampu menarik perhatian dari publik lewat aksi-aksinya ketika menjabat sebagai Walikota Surakarta dan kampanye Pilkada DKI 2012.

Menurut survei LSN, Jokowi berada di peringkat 7 untuk segi popularitas. Jokowi mengungguli tokoh-tokoh lainnya seperti Sutiyoso, Surya Paloh, dan Hatta Rajasa. Sebanyak 80,8 % responden mengenal sosok Jokowi dibanding tokoh lainnya.

Dari segi akseptabilitas atau penerimaan, Jokowi juga mendapat rating tinggi dengan menduduki urutan kelima dengan nilai sebanyak 56,4 % yang mengungguli tokoh-tokoh besar seperti Megawati dan Aburizal Bakrie.

Menurut LSN, masyarakat kini tengah merindukan sosok pemimpin yang tegas dan bebas dari korupsi yang belum mampu ditunjukkan oleh para pemimping sekarang.

LSN melakukan survei yang diambil kepada 1.230 sampel responden yang berasal dari seluruh Indonesia. Populasi responden berasal dari warga negara Indonesia yang sudah memiliki hak pilih. Survei LSN ini dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 20 September 2012 di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Dalam survei kali ini margin of error berkisar antara 2.8 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Sebelum LSN melakukan survei, lembaga penyelenggara survei lainnya, Pol Tracking Institute juga pernah menyelenggarakan survei tentang kandidat alternatif untuk Pilpres 2014. Hasil survei Pol Tracking Institute menyatakan bahwa Jokowi adalah calon presiden alternatif terkuat untuk 2014. (RN)

Comment di sini