Meteorit Berusia Milyaran Tahun Cuma Jadi Ganjal Pintu

by
October 22nd, 2012 at 4:58 pm

Kentucky (CiriCara.com) – Sepasang suami-istri, George dan Donna Lewis tidak tahu kalau batu yang dijadikan sebagai pengganjal pintu pada rumahnya adalah bagian dari meteorit yang berumur milyaran tahun.

Selama bertahun-tahun, keluarga ini tidak tahu bahwa pengganjal pintu rumahnya bukanlah batu biasa. Pasalnya, batu tersebut ditemukan oleh kakeknya Donna pada 1930-an, Tilmon Brooks di sebuah padang rumput.

Batu meteorit seberat 14 kg itu hanya dikira sebagai batu biasa, hingga akhirnya, George, suami Donna mendapatkan sinyal yang kuat pada batu itu melalui alat pendeteksi logam. Sejak saat itu, pasangan suami-istri ini baru menyadari bahwa batu pengganjal pintu yang sudah dicat berwarna hijau itu, bukanlah batu sembarangan.

Pada bulan Juli lalu, Donna dan suaminya membawa batu tersebut ke Eastern Kentucky University (EKU). Batu tersebut kemudian diteliti oleh Dr. Jerry Cook, ketua Departemen Fisika dan Astronomi.

Saat meneliti batu tersebut dia yakin seperti melihat benda dalam sebuah pameran sejarah. Ternyata, benar. Asal-usul batu itu adalah bagian dari hujan meteor yang pertama kali muncul di sebuah bukit di Tazewell, Virginia pada 1853, dan usia meteorit ini, lebih dari 4,5 milyar tahun.

Oleh karena batu itu, benar-benar benda bersejarah, pihak EKU mengakuisisi meteorit tersebut. Dr. Jerry Cook mengatakan bahwa batu itu akan digunakannya untuk sumber pembelajaran bagi para siswa.

Pihak Universitas tidak akan menyimpannya di sebuah tempat tertutup dan rahasia, tapi mereka akan membiarkan para siswanya memegang, mengamati, dan memahami struktur dalam meteorit tersebut.

Dalam situs resmi, EKU.edu, Dr. Jerry Cook menyatakan bahwa departemen Fisika dan Astronomi sangat beruntung bisa menemukan benda antariksa bersejarah seperti meteorit ini.

Memang, benda-benda antariksa yang masuk ke Bumi selalu menarik minat berbagai kalangan. Seperti dilansir dari Huffington Post.com, pada sebuah pelelangan bulan Oktober, batu kosmik yang dilelang memiliki rentang harga mulai dari puluhan hingga ratusan ribu dollar As.

Berikut ini adalah video berita tentang meteorit yang berusia milyaran tahun tersebut.

(yk)

Huffington Post

Comment di sini