Parah, Koneksi Internet Indonesia Terendah Se-Asia Pasifik

by
October 22nd, 2012 at 10:50 am

Jakarta (CiriCara.com) – Internet lemot adalah masalah sehari-hari yang harus dihadapi oleh para pengguna internet di Indonesia. Tidak heran hal ini kerap terjadi karena koneksi internet Indonesia dinyatakan terendah se-Asia Pasifik.

Akamai, sebuah perusahaan internet content delivery menyebut Indonesia sebagai negara dengan kecepatan koneksi internet terendah di Asia Pasifik. Apa penyebab Indonesia mendapat urutan buncit dalam hal koneksi internet?

Diberitakan oleh Kompas.com, hasil penelitian kuartal 2 berjudul “2012 State of the Internet” terbitan Akamai mengatakan bahwa Indonesia memiliki banyak pengguna internet yang berselancar dengan kecepatan internet yang sangat lambat.

Sekitar 13,8 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan layanan internet dengan kecepatan di bawah 256 Kbps atau sedikit di atas standar GSM EDGE 237 Kbps.

Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia juga mendapat urutan bawah setelah kalah dari Singapura yang hanya tertinggal 0,2 persen, Malaysia dengan 1 persen, dan Vietnam sebanyak 7,4 persen.

Walaupun ada sejumlah pengguna internet di Indonesia yang bisa menikmati akses broadband dengan kecepatan tinggi di atas 4 Mbps namun jumlahnya tak sampai 1 persen dari jumlah total pengakses dan hanya berkutat di kisaran 0,82 persen.

 

Tabel daftar negara dengan kecepatan rata-rata internet di atas 4 Mbps/Kompas/Akamai

 

Rata-rata kecepatan koneksi internet Indonesia adalah sekitar 100 Kbps yang juga terendah se-Asia Pasifik. Kecepatan yang digunakan oleh pengguna internet di Indonesia ini sangat jauh bila dibandingkan dengan Korea Selatan sebagai negara dengan akses internet tercepat di dunia. Korea Selatan memiliki 84 persen lebih jumlah pengguna yang mengakses internet dengan rata-rata kecepatan 14.2 Mbps. Sedangkan urutan kedua dan ketiga dipegang oleh Jepang dan Hongkong.

Tabel daftar negara dengan kecepatan rata-rata internet di atas 10 Mbps/Kompas/Akamai

 

Fakta ini berbading terbalik dengan jumlah pengguna internet Indonesia yang kian bertambah dari hari ke hari. Pertumbuhan rata-rata kecepatan akses internet tahunan Indonesia tercatat sebesar 20 persen. Jumlah ini berada di urutan kelima setelah China, Australia, Jepang, dan Hongkong.

Sementara pertumbuhan kecepatan koneksi maksimal Indonesia merupakan tertinggi di kawasan Asia Pasifik dengan angka penigkatan sebesar 93 persen menjadi 8,4 Mbps. (RN)

Comment di sini