CiriCara: Cara Mencegah Timbulnya Selulit di Tubuh

by
October 23rd, 2012 at 3:25 pm

CiriCara.com – Selulit merupakan lemak yang terperangkap di bawah lapisan kulit. Sebagian lemak yang gagal dibuang oleh tubuh ini akan menggumpal dan menimbulkan kesan tidak rata atau bergelombang pada permukaan kulit. Selulit ini biasanya dijumpai pada bokong, paha dan perut.

Selulit merupakan salah satu gangguan kulit yang paling mengganggu kehidupan wanita. Sebenarnya, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya selulit yaitu dengan mengubah gaya hidup menjadi sehat. Gaya hidup sehat seperti apa yang bisa mencegah timbulnya selulit? Untuk mengetahuinya, Anda perlu menyimak tips berikut ini:

1. Mengonsumsi air putih yang cukup

Selain bermanfaat untuk kesehatan, meminum air putih sebanyak 2 liter per hari juga berfungsi untuk mengeluarkan toksin dalam tubuh yang menjadi penyebab timbulnya selulit. Dengan cukup meminum air putih per harinya juga akan membuat kulit Anda lembab atau tidak kering.

2. Berolahraga

Berolahraga sangat penting dilakukan untuk mejadikan tubuh tetap bugar. Untuk itu, olahragalah dengan teratur, seperti berjalan kaki, bersepeda, berenang, atau senam. Berolahragalah setidaknya seminggu 4 kali dengan durasi selama 45 menit agar lemak tubuh terbakar dan membentuk otot. Dengan rutin berolahraga tentunya tidak ada lagi lemak yang tertimbun di dalam kulit.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein

Kandungan protein dalam makanan bisa Anda dapatkan pada telur, ikan, kentang, dan makanan berprotein tinggi lainnya. Makanan yang memiliki kandungan protein sangat diperlukan tubuh karena protein berfungsi sebagai zat pembangun, memelihara, serta mengatur proses-proses yang berlangsung dalam tubuh.

4. Melakukan pemijatan

Melakukan pemijatan bisa memperlancar sirkulasi darah Anda. Bila peredaran darah Anda lancar, maka  energi tubuh pun akan meningkat. Dengan begitu, tumpukkan lemak dalam tubuh menjadi hancur dan tubuh menjadi rileks.

5. Tidak merokok

Merokok tidak hanya merusak paru-paru, tapi juga bisa menimbulkan selulit di bagian tubuh Anda. Zat yang terkandung dalam rokok dapat membuat kapiler kulit tersumbat sehingga dapat merusak hubungan kelenjar yang dapat menimbulkan selulit.

6. Hindari meminum kopi dan minuman beralkohol

Kedua minuman tersebut bila sering Anda konsumsi tentunya akan menimbulkan selulit pada bagian tubuh.

7. Mengoleskan krim atau lotion

Anda juga perlu mengoleskan krim atau lotion khusus untuk selulit. Kandungan di dalamnya dapat menghancurkan lemak serta mengencangkan dan menghaluskan kulit Anda.

Bagaimanapun juga timbulnya selulit di bagian tubuh Anda tentunya akan membuat menjadi tidak enak dilihat. Untuk menghilangkan selulit pada tubuh juga bisa dilakukan bila Anda sudah terlanjur memilikinya. Agar tidak bertambah banyak, alangkah baiknya untuk menerapkan cara di atas agar kulit di tubuh Anda semakin indah. (NR)

Comment di sini