CiriCara: Cara Menyimpan Kerupuk Agar Tidak Melempem

by
October 23rd, 2012 at 9:03 am

CiriCara.com – Kerupuk, rasanya yang gurih dan renyah memang menjadi pilihan hampir semua orang untuk menyantapnya sebagai pelengkap saat makan. Pada saat memakan nasi goreng, ketoprak, gado-gado, soto ayam, dan makanan lainnya terkadang kerupuk menjadi pilihan banyak orang untuk menambah kenikmatan bersantap.

Kerupuk yang renyah tentunya akan menggugah selera makan Anda. Namun, bagaimana dengan kerupuk yang melempem? Kerupuk melempem rasanya sudah menjadi tak nikmat lagi saat disantap. Kerupuk yang melempem tersebut dikarenakan Anda tidak menyimpan kerupuk dengan benar. Lalu, bagaimana cara menyimpan kerupuk agar tetap renyah saat disantap? Untuk mengetahuinya, sebaiknya Anda simak tips berikut ini yang diberikan oleh Chef Ragil kepada Female.Kompas.com:

1. Disimpan dalam wadah yang tertutup rapat

Chef Ragil mengatakan bahwa musuh utama kerenyahan kerupuk adalah angin dan air. Bila ingin kerupuk yang setelah digoreng tetap terasa renyah, maka Anda perlu menyimpannya di wadah yang tertutup rapat.

2. Jangan terlalu sering membuka dan menutup wadah

Agar tak melempem, sebaiknya hindari terlalu sering membuka dan menutup wadah tersebut. Jika Anda terlalu sering membuka dan menutup wadah, maka angin akan masuk. Hal tersebut tentunya bisa membuat kerupuk menjadi cepat melempem.

3. Menyimpannya di lemari es

Anda tentunya bingung mengapa kerupuk bisa diletakkan di lemari pendingin agar tetap renyah? Kelembapan udara dalam lemari pendingin yang cukup rendah akan membuat kadar air kerupuk tetap rendah. Untuk itu, Chef Ragil mengatakan bahwa Anda bisa menyimpan kerupuk dalam lemari pendingin untuk mempertahankan kerenyahannya.

Caranya, simpan kerupuk dalam plastik putih dan ikat rapat-rapat. Kemudian simpan dalam lemari pendingin, khusunya di bagian freezer sampai waktunya disantap. Saat akan dimakan, Anda bisa keluarkan dari lemari es dan tunggu sampai uap dinginnya menghilang. Selain itu, dengan menyimpan kerupuk dalam lemari pendingin juga akan membuat kerupuk lebih tahan dan awet dalam waktu lebih dari satu minggu.

Itulah cara agar membuat kerupuk tetap renyah saat ingin Anda santap. Kerupuk yang melempem tentunya akan membuat cita rasa kerupuk tersebut berkurang. Selain itu, kerupuk melempem juga akan membuat Anda menjadi tak selera untuk memakannya. Kenikmatan kerupuk adalah rasa gurih dan renyahnya yang membuat orang ketagihan untuk memakannya. (NR)

Comment di sini