CiriCara: Ciri-Ciri Penipuan Lowongan Kerja

by
October 23rd, 2012 at 1:15 pm

CiriCara.comMencari pekerjaan saat ini memang sulit dilakukan. Persaingan kian ketat antara orang yang satu dengan lainnya untuk bisa mendapatkan posisi atau pekerjaan yang diinginkan. Seiring sulitnya mencari pekerjaan, namun marak juga penipuan mengenai lowongan kerja.

Penipuan mengenai lowongan pekerjaan ini sudah marak sejak lama. Namun, tetap saja masih ada yang tertipu. Agar Anda tak tertipu mengenai lowongan pekerjaan tersebut, sebaiknya simak ciri-ciri penipuan lowongan kerja berikut ini:

1. Memberikan info yang tidak detail

Pada saat perusahaan tersebut mencari karyawan baru, mereka hanya membuat iklan di koran atau selebaran kertas, seperti brosur. Info yang diberikannya pun tidak detail, mereka hanya memberikan nomor telepon, alamat email, kualifikasi calon pekerja, dan alamat perusahaan yang tidak dijelaskan. Info lowongan seperti ini biasanya terdapat di iklan baris yang ada di koran dan selebaran brosur yang dibagikan di jalan.

2. Kondisi kantor tak terurus

Saat Anda datangi, kawasan perusahaan tersebut bukanlah kawasan kantor. Selain itu, kondisi kantornya tidak begitu bagus, terlihat tidak terurus, dan kecil. Biasanya ada orang yang berjaga-jaga di depan pintu masuk kantor tersebut dengan mengenakan kemeja dan celana bahan, menyerupai seragam orang kantoran. Anda patut waspada bila tempat tersebut kurang meyakinkan. Lebih baik Anda segera mundur, daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Menghubungi Anda melalui pesan singkat

Jika ada orang yang menghubungi Anda melalui pesan singkat untuk datang wawancara, maka patut diwaspadai. Biasanya perusahaan atau outsourcing mengirimkan pesan singkat kepada calon pekerjanya hanya untuk melakukan tes tahap pertama, seperti psikotes. Selanjutnya, untuk tes wawancara Anda akan ditelepon langsung oleh pihak yang bersangkutan. Jangan sampai Anda tertipu bila ada panggilan bekerja dan diberitahukannya melalui pesan singkat. Anda harus pastikan terlebih dahulu keberadaan perusahaannya sebelum mendatanginya.

4. Anda dimintai sejumlah uang

Jika pada saat diwawancarai dan pewancaranya tidak menanyakan pengalaman, gaji yang diharapkan, dan tak ada tes apapun, maka Anda perlu mencurigai perusahaan tersebut. Namun, patut diwaspadai juga bila perusahaan tersebut memberikan syarat kepada Anda agar bisa mendapatkan gaji pokok, uang makan, jamsostek dengan cara harus memberikan sejumlah uang terlebih dahulu untuknya. Untuk meminta sejumlah uang tersebut, biasanya mereka melakukannya secara paksa.

Bagaimanapun juga, sebelum mendatangi perusahaan tersebut Anda harus mencari informasi yang banyak mengenai perusahaan tersebut agar tidak tertipu. Bila perlu, carilah melalui internet mengenai latar belakang perusahaan tersebut, lowongan pekerjaan apa yang dicari, dan pastikan berada di kawasan industri atau perkantoran.

Jika Anda pernah mengalami penipuan atau menduga akan adanya penipuan, bisa diadukan ke situs RumahPengaduan.com agar orang lain pun bisa belajar dari pengalaman Anda.

(NR)

Comment di sini