Wow! Paus Beluga Bisa Meniru Suara Manusia

by
October 23rd, 2012 at 2:35 pm

San Diego (CiriCara.com) – Tahukah kamu kalau bukan hanya burung beo saja yang dapat menirukan suara manusia? Ternyata ikan paus juga bisa menirukan suara manusia lho.

Penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa ikan paus Beluga mengeluarkan suara yang mirip dengan suara manusia dalam oktaf yang lebih rendah dibandingkan bunyi yang mereka hasilkan ketika berkomunikasi dengan kawanannya.

Jika didengarkan sekilas, suara yang dihasilkan paus jenis ini memang terdengar seperti orang yang bernyanyi di dalam kamar mandi. Tapi pada 1984, seorang penanggung jawab di Yayasan Mamalia Laut Nasional di San Diego mendengar semacam gumaman dari sebuah tangki akuarium yang berisi ikan paus dan lumba-lumba. Suara gumaman tersebut terdengar seperti 2 orang manusia yang sedang berbincang.

Salah seorang penyelam mengira bahwa itu adalah suara manusia, hingga suatu hari ada kejadian yang unik, di mana seorang penyelam keluar dari tangki akuarium tersebut sambil berkata, “Siapa yang menyuruhku untuk keluar?”

Menanggapi peristiwa tersebut, para peneliti sadar bahwa itu mungkin suara yang dihasilkan oleh seekor ikan paus Beluga jantan.

Untuk membuktikan hal itu, selama bertahun-tahun, para peneliti merekam semua suara spontan dari ikan paus tersebut, baik saat di dalam air maupun saat di permukaan air.

Hari Senin (22/10/12) kemarin, peneliti mengumumkan hasil penelitian itu secara online di Current Biology (cell.com). Setelah melakukan penelitian akustik, akhirnya terungkap bahwa suara seperti manusia yang dihasilkan ikan paus tersebut, berada dalam oktaf yang lebih rendah dari suara yang dihasilkan para ikan paus untuk berkomunikasi dengan kawanannya.

Diduga karena kedekatan manusia dan hewan mamalia ini, yang membuatnya mampu mendengarkan dan menirukan percakapan manusia. Mereka hanya perlu mengubah tekanan pada rongga hidungnya untuk menghasilkan suara mirip seperti suara manusia.

Para peneliti mengatakan bahwa hewan mamalia seperti lumba-lumba dan paus ini memang dapat diajarkan untuk menirukan suara manusia, tetapi, peneliti sangat jarang mendengar saat mereka mampu melakukannya secara spontan.

Penelitian terhadap suara ikan paus yang mirip dengan suara manusia seperti ini sudah pernah dilakukan pada ikan paus putih. Suara yang dihasilkan ikan paus putih sering terdengar mirip seperti seorang ibu yang berteriak pada anaknya. (yk)

AP

Comment di sini