CiriCara: Cara Agar Tidak Tertipu Toko Online Palsu

by
October 24th, 2012 at 10:03 am

CiriCara.com – Berbelanja barang kini tak melulu harus dilakukan dengan cara mengunjungi langsung toko yang menjual barang yang hendak dibeli. Dengan adanya internet, konsumen sekarang bisa berbelanja secara online tanpa harus repot menghabiskan waktu dan tenaga untuk datang ke pusat perbelanjaan.

Tren belanja online pun kian hari kian populer seiring dengan semakin banyaknya orang yang melek internet. Tetapi sayangnya tren ini dimanfaatkan oleh orang-orang tak bertanggung jawab yang berusaha mengeruk keuntungan secara ilegal, yakni dengan menipu.

Konsumen yang tidak waspada bisa dengan mudah menjadi korban penipu berkedok toko online. Agar tidak tertipu oleh toko online abal-abal, simak cara menghindari penipuan toko online berikut ini:

1. Cari tahu identitas penjual

Identitas penjual mutlak diketahui oleh calon pembeli agar tercipta rasa saling percaya antara pembeli dan penjual. Cari tahu alamat lengkap penjual, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan jika perlu, mintalah fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selain itu, lacaklah testimoni pembeli lain yang pernah bertransaksi dengannya. Semakin banyak testimoni bagus, maka toko online itu makin bisa dipercaya.

2. Waspadai harga promo

Toko online palsu sering menjebak konsumen dengan cara menawarkan harga yang teramat murah, jauh di bawah harga pasaran dengan dalih promosi.Harga produk yang terlalu murah patut dicurigai, apalagi bila yang mengeluarkan promosi adalah toko yang tak memiliki rekam jejak yang jelas.

3. Ajak ketemuan


Selain membayar lewat transfer, transaksi dengan toko online bisa dilakukan dengan cara Cash of Delivery (COD) atau membayar saat barang sudah ada di tangan. Apabila kamu tinggal sekota dengan toko online itu, coba ajak ketemuan setelah kamu selesai memilih barang yang akan dibeli. Bila penjual menolak dengan ribuan dalih, maka segera tinggalkan lapak dagangannya.

4. Kenali produk

Pastikan produk yang dijual asli dan memiliki garansi. Mintalah kepastian dan jaminan soal informasi produk. Misalnya, Anda bisa meminta jaminan kalau produk tidak asli maka bisa dikembalikan saat itu juga. Cek kelengkapan yang ditawarkan penjual. Pastikan pula foto yang dipasang di situs adalah foto asli produk, bukan foto yang dicomot dari situs lain.

5. Kenali situs

Apabila kamu hendak membeli barang lewat online di situs semacam Kaskus atau Toko Bagus, maka yang harus kamu selidiki adalah penjualnya. Namun jika penjual punya toko online sendiri, cek kevalidan situs tersebut. Toko online yang terpercaya menggunakan domain berbayar, bukan domain gratisan seperti .blogspot, .wordpress, .co.cc, dan lain-lain. Selain itu, situs toko online yang terpercaya biasanya dapat ditemukan di halaman pertama mesin pencari Google karena kerap dikunjungi. Namun yang paling sering ditemukan adalah penipu yang mengandalkan Facebook untuk menawarkan dagangannya. Kembali ke cara 1-4 di atas jika tertarik dengan toko online di Facebook.

Sebagai pembeli yang cerdas, kamu harus waspada ketika akan bertransaksi dengan orang yang tak dikenal. Penipuan oleh toko online sudah sering dilaporkan terjadi di mana-mana. Situs RumahPengaduan.com memuat beberapa aduan terkait penipuan toko online yang biasanya menawarkan barang elektronik seperti ponsel dengan harga di luar batas kewajaran. Cobalah menjelajahi situs itu untuk mencari tahu toko online mana saja yang diduga pernah menipu konsumen.

(hp)

Comment di sini