CiriCara: Cara Mencegah Kemandulan Pada Pria

by
October 24th, 2012 at 9:15 am

CiriCara.com – Mandul terkadang menjadi masalah tersendiri bagi pasangan yang sudah menikah. Bila salah satu dari pasangan tersebut mengalami kemandulan, maka mereka tidak bisa mendapatkan keturunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mandul pada pria meningkat khususnya di negara India.

Sperma yang tidak baik atau berkurangnya sperma pada pria menyebabkan pasangan tak bisa memiliki keturunan. Data yang didapat dari Union Health Minister Ghulam Nabi Azad mengatakan bahwa xenbiotik merupakan penyebab utama kurangnya kualitas sperma dan jumlah sperma pada pria. Agar pria tidak mandul setelah menikah, sebaiknya simak tips berikut ini:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Makanan sehat dan bergizi sebaiknya perlu Anda konsumsi setiap harinya. Makanan sehat dapat meningkatkan produksi sperma secara alami. Berbagai jenis makanan sehat yang bisa meningkatkan kesuburan pria, antara lain keju cottage, ayam kalkun, oatmeal, berbagai makanan laut, biji labu, sayuran berdaun hijau, wortel, paprika, ikan salmon, dan sarden. Jika Anda ingin kesuburan meningkat, maka sering-seringlah mengonsumsi berbagai makanan tersebut.

2. Jauhi kebiasaan buruk

Kebiasan buruk yang biasanya dilakukan pria yaitu mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok. Merokok dan meminum minuman beralkohol bukan hanya berpengaruh pada tubuh, namun berpengaruh juga pada kesuburan Anda. Jauhi kebiasaan buruk tersebut jika tidak ingin mengalami kemandulan.

3. Jaga berat badan

Obesitas atau kegemukan berhubungan dengan jumlah sperma yang dimiliki pria. Biasanya pria yang mengalami obesitas jumlah spermanya sedikit. Selain itu, berat badan juga mempengaruhi kesuburan pada pria. Agar tidak mengalami obesitas, Anda harus memiliki berat badan yang ideal. Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan menjauhi kebiasaan buruk, Anda juga harus olahraga secara teratur. Berolahragalah agar memiliki tubuh yang sehat dan meningkatkan jumlah sperma.

4. Kontrol stres

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa peningkatan kadar stres mempengaruhi kehidupan bercinta pada pasangan dan menurunkan jumlah sperma. Kunci agar Anda tidak selalu mengalami stres yaitu tetap rileks saat menjalankan berbagai kegiatan.

5. Waktu yang tepat

Untuk meningkatkan tingkat kesuburan, Anda harus mengetahui waktu yang tepat untuk bercinta. Bercinta setiap hari merupakan salah satu alternatif yang cukup baik agar kesuburan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria memiliki jumlah sperma yang baik dan berkualitas pada waktu pagi hari.

Itulah lima cara yang dapat Anda lakukan agar tidak mengalami kemandulan. Ingat kata pepatah, “Mencegah lebih baik daripada mengobati.” Agar tidak membuat pasangan Anda kecewa, lebih baik cegahlah dengan cara di atas. Bagaimanapun juga, setiap pasangan yang sudah menikah tentunya ingin memiliki keturunan, bukan? (NR)

Comment di sini